Ada Tikus di Rumah Kost? Lakukan Hal Ini

SewaKost.com – Ada Tikus di Rumah Kost? Lakukan Hal Ini.Adanya tikus di dalam sebuah rumah, sejak dulu hingga sekarang, tak bisa untuk dihindari. Apalagi jika binatang pengerat di rumah kost-mu sudah sangat mengganggu, harus segera melakukan upaya pengusiran.

Ada Tikus di Rumah Kost? Lakukan Hal Ini

Umumnya, memasang perangkap dan racun adalah pilihan praktis untuk membasmi tikus. Selain juga berbiaya murah.

Bagi kamu yang ogah dengan bahan kimia, pemakaian perangkap dan lem relatif safety. Ini karena tikus tak sulit “dievakuasi” jika tertangkap. Karena biasanya, akan tetap berada di area perangkap ataupun menempel erat di tempt lem direkatkan.

Kelemahan pada jebakan tikus adalah mudah dipelajari hewan yang tergolong cerdas tersebut.. Apalagi saat memasang perangkap secara massal, jika ada satu yang terperangkap, tikus lain akan leluasa bebas. Dan pada tikus yang bebas tersebut biasanya tak akan lagi melintas di zona kurungan tersebut.

Sedangkan untuk racun tikus, memiliki kelebihan yakni dapat membunuh tikus dalam waktu yang agak singkat. Efektif jika populasi pertumbuhannya sedang melonjak tinggi.

Kelemahannya, tikus tak akan tertarik pada umpan beracun tadi jika diketahui temannya sudah tewas dulu setelah memakannya. Dan, pada tikus yang memakan racun tadi bisa saja mati di tempat yang kadang tak bisa ditemukan. Bila terlalu lama, adanya bangkai tikus ini rawan melahirkan penyakit lain.

Cara Efektif Memasang Jebakan pada Tikus : 

Apabila ingin menjebak tikus yang berkeliaran di rumah kost memakai racun ataupun perangkap, perhatikan beberapa hal berikut agar efektif :

  1. Pastikan meletakkan racun ataupun perangkap di lokasi yang tikus sering lewat. Cara mengetahuinya? Lihat saja di mana kotorannya berserakan ataupun bulir-bulir makanan yang ditinggalkannya.
  2. Sebelum tidur, tutup rapat area meja makan dan tempat sampah. Ini memungkinkan tikus untuk mendekati umpan yang telah dibubuhi racun.
  3. Pagi hari setelah malam harinya memasang perangkap, segera periksa semua area yang dipasang perangkap tikus, jika ditemukan bangkai segeralah singkirkan.
  4. Untuk racun, usahakan untuk meletakkannya di dalam wadah yang khusus, seperti misalnya pada potongan pipa. Ini untuk menghindari hewan peliharaan menjangkau dan memakannya.
  5. Hindari sering-sering memindahkan perangkat jebakan ataupun racun tikus. Karena tindakan ini rawan menyebabkan tikus  curiga, sehingga enggan untuk dekat-dekat pada area jebakan atau pada racun tersebut.

Selamat mencoba untuk menanggulangi binatang perekat ini di rumah atau rumah kost anda. Oiya, di sewakost.com kami senantiasa memastikan agar rumah kost yang akan anda tempati aman dan terpelihara dari jangkauan tikus. Sehingga anda bisa dengan aman dan nyaman beristirahat.

Add Comment