Cara Menata Ruang Tamu untuk Rumah Kost

Dewasa ini banyak pebisnis yang bergelut di bidang usaha kost-kostan dan salah satu elemen penting dalam menata kostan adalah penataan ruang tamu di rumah kost. Walaupun usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar, tetapi bisnis ini sangat menjanjikan untuk masa depan. Bisnis ini bisa dijalankan oleh semua orang. Anda dapat dengan mudah menemukan bisnis kost-kostan di tempat-tempat strategis seperti kawasan universitas, sekolah, dan perkantoran. Karena bisnis kost-kostan adalah bisnis yang menyewakan tempat tinggal, maka secara otomatis keuntungan yang lebih besar bisa didapatkan jika Anda merintis bisnis ini di kawasan-kawasan yang sudah disebutkan. Tidak hanya terletak di kawasan pada penduduk, bisnis kost-kostan juga akan sangat menguntungkan jika letaknya starategis yaitu dekat jalan raya sehingga memudahkan akses para penghuninya untuk berpergian ke berbagai tempat.

ruang-tamu-kost

Karena mempunyai fungsi utama untuk memberikan sewa tempat tinggal, maka dalam pembangunan rumah kost harus mengutamakan aspek kenyamanan bagi penghuninya. Fasilitas yang disediakan pun tidak boleh ala kadarnya supaya penghuni kost merasa betah seperti tinggal di rumahnya sendiri, apalagi banyak penghuni kost-kostan yang tinggal jauh dari keluarga sehingga kenyamanan menjadi prioritas utama. Ada dua jenis desain rumah kost yang bisa dipilih yaitu desain rumah kost minimalis dan modern.

Konsep ruang tamu minimalis

Jika Anda berniat untuk membangun rumah kost yang bergaya minimalis, maka Anda bisa mencari lokasi rumah kost yang memiliki ukuran tanah yang cukup luas. Tujuannya agar Anda bisa membangun sedikitnya 10 kamar kost. Untuk bisa membangun desain rumah kost minimalis, ada beberapa ruangan yang harus dipersiapkan seperti ruang tamu, garasi, ruang dapur, kamar mandi, ruang tidur, dan ruang untuk menjemur pakaian. Supaya tidak terlalu sempit, desainlah kamar tidur kost yang berukuran 3×3 agar memberikan kesan nyaman pada penghuni kost. Begitupula dengan penataan ruang tamu di rumah kost, Anda bisa menyimpan beberapa furnitur yang multifungsi agar tidak menghabiskan ruang yang terlalu banyak dan isi kamar tidak terlalu padat.

Perabotan pada ruang tamu

Lalu apa saja perabotan atau furnitur yang harus ada di ruang tamu? Setidaknya berikan satu set kursi dan meja, satu buah televisi, dan satu buah karpet. Barang-barang tersebut sudah cukup untuk membuat tamu merasa nyaman ketika berkunjung ke rumah kost.

Garasi dan ruang dapur

Garasi juga merupakan salah satu elemen penting yang sebaiknya ada di setiap rumah kost untuk menyimpan kendaraan tidak hanya untuk penghuni kost, namun juga untuk tamu yang akan berkunjung. Ukuran garasi minimal cukup untuk menyimpan motor dan sudah disesuaikan dengan jumlah kamar yang tersedia di rumah kost.
Selain garasi, ruang dapur juga penting didalam sebuah rumah kost, pastikan bahwa sirkulasi udara dan semua perabotan ditata dengan rapi. Lagi-lagi tujuannya agar membuat penghuni kost merasa nyaman. Pastikan juga bahwa rumah kost yang Anda miliki dipasangi pagar ganda pada garasi Anda supaya lebih aman dan kemungkinan untuk terjadinya pencurian kecil. Berikan warna cerah pada rumah kost Anda agar terkesan terang dan memiliki kesan minimalis dan gunakan satu jenis warna saja agar seragam.

Add Comment