Cara Menyiasati Perilaku Galak Ibu Kost

Bagi Anda yang pernah merasakan hidup sebagai anak kost, pastilah sudah tidak asing lagi bila harus beradaptasi dengan banyak hal, mulai dari suasana disekitar rumah kost, suasana kamar kost yang Anda tempati, berinteraksi dengan penghuni kost lainnya, sampai dengan menghadapi ibu kost yang galak. Pada umumnya, dari semua ibu kost yang ada, kemungkinan sifat ibu kost hanya ada dua, kalau tidak baik ya galak. Lalu bagaimana cara mengahadapi ibu kost yang baik dengan ibu kost yang galak? Berikut ini adalah karakteristik umum yang biasa ditemui pada ibu kost.
Bawel dan overprotektif

Ibu kost galak

Dua sifat yang biasanya melekat pada ibu kost yang galak adalah bawel dan overprotektif. Pada umumnya semua pencari kost pasti menghindari ibu kost yang seperti ini karena membuat calon penghuni kost merasa tidak nyaman. Selain itu juga salah satu sifat yang melekat pada ibu kost yang galak adalah ada kecenderungan untuk bersikap seperti diktator. Sifat diktator yang dimaksud adalah sering memaksakan kehendaknya mulai dari segi peraturan didalam rumah kost sampai mengatur apa saja yang harus dilakukan oleh penghuni kos selama tinggal di rumah kostnya.
Aturan yang mengekang

Aturan-aturan umum yang biasanya dikatakan oleh para ibu kost yang galak adalah mengharuskan kamar setiap penghuninya bersih setiap harinya, memiliki jadwal tertentu untuk membersihkan kamar mandi (apalagi yang rumah kosnya memiliki kamar mandi diluar), dan berbagai peraturan lain yang diatur dan membuat para penghuninya merasa tidak nyaman dalam menghadapi ibu kost yang galak.
Ibu kost yang menyebalkan

Salah satu perilaku ibu kost yang galak dan menyebalkan adalah ketika ibu kost ini diam-diam mengawasi apa yang Anda lakukan dan bergosip tentang sesuatu yang belum tentu benar juga kebenarannya. Belum lagi jika ternyata ibu kost tersebut cerita kepada teman-teman kost Anda mengenai opini beliau tentang Anda yang sudah pasti sifatnya sangat subjektif. Ibu kost tipe ini adalah tipe ibu kost yang diam-diam mengawasi tanpa sepengetahuan kita.

Satu-satunya solusi yang bisa diberikan untuk menghadapi ibu kost yang galak dan menyebalkan ini adalah dengan menuruti apa yang diinginkan oleh ibu kost tersebut, meskipun mungkin memberatkan, namun jika aturan yang dibuat demi kebaikan semua penghuni kost maka tidak ada salahnya. Sebagai salah satu penghuni kost memang seharusnya menurut saja apa yang diinginkan selama masih dalam batas wajar, tapi jika perilaku ibu kostnya sudah sangat mengganggu seperti melakukan kesalahan sedikit langsung dimarahi, apa-apa disalahkan, dan sedikit-sedikit mengancam akan mengeluarkan Anda dari tempat hunian kost, maka Anda harus bertindak dengan memutuskan untuk meninggalkan tempat kost tersebut. Walau terasa berat, namun seberapa kuat Anda mampu menghadapi perilaku ibu kost yang seperti itu? Jika ada tempat kost yang lebih baik, Anda pindah saja supaya Anda juga bisa lebih nyaman.

Add Comment