Dengan Uang yang Tidak Begitu Banyak, Anda Bisa Beli Rumah dengan Cara Ini

Pengusahakost.com – Dengan Uang yang Tidak Begitu Banyak, Anda Bisa Beli Rumah dengan Cara Ini. Anda dan saya barangkali sama soal uang. Yakni tidak banyak memiliki uang, tetapi ingin segera membeli rumah. Jika yang terjadi demikian, apa yang harus kita lakukan? Harus lebih bersabar dan menabung lagi agar beberapa tahun ke depan bisa membeli rumah, ataukah tetap nekad memiliki rumah bagaimanapun caranya?

Dengan Uang yang Tidak Begitu Banyak, Anda Bisa Beli Rumah dengan Cara Ini

Bagi anda yang sudah dalam tahap nekad untuk memiliki rumah, ada baiknya memilih pengembang rumah yang sudah bekerjasama dengan bank yang memberikan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Benarkah demikian? Ya, hal ini benar adanya. Sudah banyak yang melakukan hal ini. Apalagi jika anda sudah ancang-ancang bersiap menggunakan rumah tersebut untuk bisnis sewa kost.

Lain halnya jika anda jatuh cinta pada sebuah rumah second (bekas) untuk bisnis sewa kost, lalu ingin membelinya. Lalu apa yang harus dilakukan?

Tips yang bisa anda coba adalah dengan cara meng-agunkan rumah tersebut pada bank yang sudah anda tentukan. Langkah pertamanya adalah anda musti meminjam pada si empunya sertifikat dari rumah tersebut. Soal ini, tentu saja dengan membuat perjanjian secara terpisah.

Kedua, usai sertifikat berhasil didapat, pergilah ke bank. Di sana anda dapat mengajukan sebuah kredit dengan agunan (KDA) ke bank. Jaminannya adalah rumah tersebut yang akan anda beli.

Seringnya, pihak bank memberikan nilai plafon kredit sebesar 70% – 80% secara total dari harga properti yang ditaksirnya. Oleh karenanya di sini, anda hanya butuh uang sebanyak 20% – 30% dari total harga rumah. Hal ini biasanya sebagai tanda uang muka untuk penjual. Untuk sisanya, bisa dibayar menunggu adanya kucuran kredit yang datang dari bank.

Yang perlu anda ingat adalah pada semua aset yang telah dijaminkan pada pihak bank, tak bisa lagi dijual. Terkecuali mendapatkan izin dari mereka. Pihak bank umumnya akan mencantumkan peraturan itu ketika anda pertama kali mengajukan kredit.

Bagaimana penjelasan artikel ini? Semoga menginspirasi anda. Simak terus pengusahakost.com dan sewakost.com ya.

Add Comment