Jakarta, Pusat Bisnis dan Pemerintahan Indonesia

Jakarta adalah ibukota dari negara Indonesia, sejak dahulu kota ini memiliki kedudukan strategis karena berada di tepi sebuah pelabuhan yang sibuk yakni Sunda Kelapa. Aktifitas perdagangan yang sudah terjadi sejak dahulu perlahan merangsang pertumbuhan kota di sekitarnya menjadi sebuah kota yang besar dan lengkap. Kota ini pernah mengalami beberapa pergantian nama dari mulai Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan kemudian bernama Jakarta yang dikenal hingga saat ini. Saat ini kota Jakarta sudah mengubah jatidirinya menjadi sebuah kota metropolitan yang ramai.

Kota ini sekarang sudah menjadi pusat bisnis dan pemerintahan di Indonesia sehingga di Jakarta banyak bercokol berbagai kantor dan perwakilan niaga dari berbagai negara di dunia yang memiliki jangkauan bisnis hingga ke Indonesia. Hampir seluruh perwakilan niaga berbagai perusahaan dunia yang berbisnis di Indonesia mendirikan kantor di Jakarta.

Peta bisnis Jakarta semakin ramai karena ditopang oleh sebuah pelabuhan besar bernama Tanjung Priok yang menjadi pintu gerbang berbagai kebutuhan dan bisnis negara Indonesia. Ramainya kota Jakarta dan banyaknya peluang bisnis di kota ini membuat Jakarta menjadi tujuan utama berbagai warga di daerah untuk mengadu nasib dan bekerja.

Tanjung Priok Jakarta

Suasana bongkar muat di Tanjung Priok. Pelabuhan Tanjung Priok adalah pelabuhan tersibuk di Indonesia.
Foto oleh Murdani Usman – CIFOR

Selain pusat bisnis dan pemerintahan kota Jakarta juga memiliki berbagai tempat tujuan pendidikan yang berkualitas, diantaranya adalah Universitas Indonesia yang salah satu kampusnya terletak di daerah Salemba. Kampus ini dikenal sebagai salah satu kampus utama di Indonesia, dan menjadi tujuan berbagai calon mahasiswa berprestasi untuk kuliah di UI.

Selain UI di Jakarta juga masih terdapat beberapa kampus terkenal lainnya yang tidak kalah bagus. Salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang letaknya berada di wilayah Tangerang Selatan namun dekat dengan Jakarta. Universitas Bina Nusantara, Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Trisakti dan beberapa kampus serta universitas lainnya.

universitas indonesia

Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia yang juga bernama Crystal of Knowledge. Perpustakaan yang dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar ini diklaim sebagai perpustakaan terbesar di dunia.
Foto oleh Mohamad Sani

Untuk menopang aktifitas kesibukan di Jakarta yang padat, kota Jakarta juga memiliki berbagai tujuan wisata sebagai sarana rekreasi masyarakatnya. Beberapa tempat wisata di Jakarta memiliki konsep yang berbeda dari mulai edukasi, hiburan dan alam. Untuk rekreasi yang menonjolkan edukasi ada Taman Mini Indonesia Indah, Museum Fatahillah, Taman Ismail Marzuki dan Kota lama .

Untuk pariwisata yang bersifat hiburan ada Taman Impian Jaya Ancol, Ragunan dan Dunia Fantasi. Sementara untuk pariwisata bertemakan alam yang indah maka berbagai pulau dan pantai indah di kepulauan seribu bisa menjadi pilihan.

kepulauan seribu

Menikmati matahari terbenam di salah satu pulau di Kepulauan Seribu bisa jadi alternatif yang Anda yang ingin menyegarkan pikiran dari padatnya ibu kota.
Foto oleh Argi Karunia

Dengan padatnya penduduk dan beragamnya aktifitas bisnis yang ada di kota Jakarta maka banyak pula berbagai macam tempat kost dan hunian yang disewakan untuk pendatang di Jakarta. Tempat kost di Jakarta tersebar di berbagai tempat dari mulai tempat pendidikan hingga bisnis, dari mulai yang berbudget terjangkau hingga yang mahal. Untuk tempat kost yang berharga terjangkau dengan fasilitas yang cukup memadai biasanya terletak di daerah penyangga Jakarta yang belum terlalu ramai.

Add Comment