Lakukan Langkah Ini Sebelum Memilih Kost

SewaKost.com – Istilah home sweet home atau baiti jannati barangkali tak asing lagi di telinga anda. Sebuah ungkapan untuk menggambarkan betapa menyenangkannya tinggal di ‘rumah surga’, sebelum surga yang sebenarnya.

Lakukan Ini Sebelum Memilih Kost

Bicara soal rumah kost, ternyata tidak selalu yang menempati kost cocok dengan rumah kostnya saat ini. Bisa jadi karena tidak banyak waktu saat memilih, situasi lingkungan sekitar yang tidak kondusif, pemilik kost yang tidak ramah, dsb.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas soal pemilihan rumah kost yang baik supaya tidak “kecele” (kecewa : bhs jawa) di kemudian hari.

1. Pertama adalah mengetahui skala prioritas anda saat akan nge-kost. Jika untuk kuliah/ sekolah, cari kost yang lingkungan sekitar yang kondusif. Pun bagi kamu yang kerja sebagai karyawan kantoran.

2. Kedua, untuk mobilitas memakai transportasi sendiri atau moda transportasi umum? Jika transportasi milik pribadi tentunya mau ke mana saja akan mudah dan tidak masalah memilih tinggal di mana.

3. Ketiga, pilih kost yang sesuai dengan karakter kamu. Kost yang situasi sekitar ramai, banyak yang lalu lalang, banyak yang nongkrong, dsb ataukah tipe kost yang jauh dari keramaian dan tenang.

4. Keempat soal budget/ anggaran dana, apakah akan sesuai dengan tipe kost yang kamu inginkan atau diturunkan standarnya karena anggaran tidak banyak.

5. Lokasi sekitar kost kamu, pastikan sudah selesai di scanning. Apakah dekat kuburan yang kalau malam wingit (horor : bahasa jawa), apakah dekat sungai yang selalu banjir saat musim hujan, dsb. Ini harus tuntas sebelum fix tinggal di situ.

6. Keenam dan yang paling penting adalah soal kamar mandi. Posisinya ada di dalam ataukah berada luar kamar? Alangkah lebih baik jika kamar mandinya adalah kamar mandi dalam.

7. Ketujuh, ada atau tidak di calon rumah kost pilihanmu itu tempat laundry pakaian yang disediakan khusus oleh pengelola kost? Itu fasilitas gratis ataukah membayar? Atau, jika tidak minimal apakah ada tempat untuk menjemur pakaian?

8. Yang terpenting dan terakhir adalah memastikan apakah tagihan listrik bulanan sudah termasuk perabot elektronik seperti tivi, radio, komputer, internet, dsb? Jika tidak, berapa tambahannya?

Kedelapan hal di atas perlu untuk diketahui semenjak awal agar tidak seperti “memilih kucing di dalam karung” saat memilih kost.

Di sewakost.com kamu bisa memilih kost yang sesuai dengan tipe dan keinginanmu. Silakan kunjungi sewakost.com.

Add Comment