Hal-Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Kost

Mencari kost merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para mahasiswa yang sedang merantau untuk menimba ilmu atau bagi para pekerja yang sedang merantau untuk menyendok sesuap nasi. Tinggal di kost yang murah, aman dan nyaman merupakan dambaan setiap anak kost.

Sebenarnya mencari kost itu gampang-gampang susah, lebih banyak gampangnya daripada susahnya. Mencari kost dibilang gampang, karena saat ini penawaran kost dapat dengan mudah kita temukan melalui internet, salah satunya adalah melalui SewaKost.com. Susahnya hanya satu, yaitu setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam memilih kost, sehingga kriteria kost ideal bagi seseorang belum tentu sama dengan kriteria kost ideal orang lain.

pertimbangan dalam mencari kost

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mencari kost agar nantinya kamu tidak menyesal karena salah pilih kost:

1. Lokasi kost dekat kampus atau tempat kerja

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan dalam mencari kost adalah carilah kost yang lokasinya dekat dengan kampus atau tempat kerjamu. Ada dua hal yang bisa kamu hemat bila memilih kost yang dekat kampus atau dekat tempat kerja, yang pertama adalah hemat ongkos transport dan yang kedua adalah hemat waktu. Selain itu, kuliah atau kerja pun menjadi lebih semangat karena jarak kost ke kampus atau tempat kerja tidak terlalu jauh.

2. Cari kost yang aman

Dalam mencari kost, pastikan lingkungan di kost aman, ada petugas keamanan yang selalu menjaga keamanan di kost dan lingkungan sekitar kost. Petugas keamanan tidak harus satpam yang bertugas khusus menjaga rumah kost, tapi satpam yang menjaga kompleks sekitar kost sudah cukup. Sebisa mungkin tanyakan ke orang-orang yang telah tinggal di kost tersebut bagaimana keamanan kost selama ini. Apakah ada anak kost yang pernah kemalingan atau tidak.

3. Kost harus bebas dari banjir

Kost yang dekat dan bebas dari kriminalitas saja tidak cukup. Kamu juga harus mencari kost yang bebas dari banjir. Tentu kamu tidak ingin aktivitas perkuliahan atau kerjamu terganggu karena ada banjir di depan kost yang menghalangimu untuk berangkat ke kampus atau kantor.

4. Gampang cari makan dan kebutuhan sehari-hari

Selain lokasi yang dekat dengan kampus, sebisa mungkin carilah kost yang dekat dengan warung atau tempat makan dan minimarket, agar kamu tidak kesulitan dalam mencari makan dan kebutuhan sehari-hari. Lebih bagus lagi bila kostnya dekat dengan tempat fotokopi dan fasilitas umum seperti rumah sakit, mall dan dilalui kendaraan umum.

5. Harga sesuai budget

Dalam mencari kost, tentu kamu memiliki budget tertentu yang akan dikeluarkan untuk membayar uang kost. Carilah kost yang harganya sesuai dengan budget. Bila kamu masih bergantung pada uang jajan dari orang tua, komunikasikan biaya kost dengan orang tua. Apabila kamu sudah memiliki penghasilan sendiri, carilah kost yang sesuai dengan penghasilanmu.

6. Fasilitas sesuai kebutuhan

Dalam mencari kost, tidak harus memilih kost yang fasilitasnya lengkap. Yang terpenting adalah fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Karena fasilitas kost berbanding lurus dengan harga kost. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, semakin mahal pula harga sewa kost. Sayang kan bila kamu harus membayar kost yang mahal namun fasilitasnya tidak kamu perlukan.

7. Kost yang bersih dan sehat

Carilah kost yang bersih dan sehat. Minimal kamar dan toiletnya bersih, bebas dari lumut dan bau apek. Perhatikan langit-langitnya apakah ada bocor atau tidak. Sirkulasi udara di kosan juga harus lancar, agar setiap hari kamu mendapatkan udara segar yang menyehatkan. Oh ya, jangan lupa cari yang ukuran kamarnya cukup luas, karena kamar kost yang terlalu sempit akan membuat kamu merasa sumpek di kost.

8. Cari kost yang ada dapurnya

Tahukah kamu siapa sahabat terbaik anak kost saat akhir bulan? Jawabannya adalah mi instan. Oleh karena itu kamu harus mencari kost yang ada dapurnya agar pada saat akhir bulan kamu bisa memasak mi instan. Lebih keren lagi bila kostnya menyediakan nasi putih dan air minum gratis setiap hari, sehingga kamu bisa lebih hemat karena hanya perlu beli lauk.

9. Pengelola kost ramah

Pada umumnya rumah kost dikelola sendiri oleh pemiliknya, namun beberapa kost dikelola oleh orang kepercayaan sang pemilik kost. Salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan dalam mencari kost adalah carilah kost yang pengelolanya ramah. Pengelola kost yang ramah dan komunikatif akan menimbulkan suasana kost yang nyaman dan membuat kamu lebih betah untuk tinggal di kost tersebut.

10. Perhatikan peraturan kost

Beda kost beda peraturannya. Peraturan kost harus kamu ketahui sejak awal, agar tidak menyesal di belakang karena terlalu banyak hal yang dilarang. Pada umumnya peraturan kost mengatur mengenai pembayaran uang kost, penggunaan fasilitas kost dan kerukunan antar penghuni kost. Apabila kamu bekerja hingga malam, carilah kost yang tidak menerapkan jam malam dan setiap penghuni kost diberikan kunci pagar dan kunci pintu utama. Apabila kamu memiliki hewan peliharaan, pastikan pengelola kost tidak melarang kamu untuk memelihara hewan kesayanganmu.

11. Pergaulan dengan teman kost yang baik

Dalam mencari kost, pastikan orang-orang yang tinggal di kost tersebut adalah orang baik-baik, bebas dari alkohol, narkoba dan pergaulan bebas. Hal ini penting demi masa depanmu. Kamu harus ingat bahwa tujuanmu merantau jauh dari orang tua adalah untuk menimba ilmu dan bekerja menjadi orang yang sukses. Untuk mencapai kesuksesan tersebut, kamu butuh lingkungan kost yang mendukung.

12. Sinyal HP dan internet

Ketersediaan sinyal HP dan internet sekilas terdengar sepele, namun sangat penting. Periksa sinyal HP di kost tersebut, apakah sinyalnya kuat atau tidak. Hal ini penting untuk memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan keluarga di kampung halaman dan teman-teman kampus. Bila kamu suka internetan, pertimbangkan pula fasilitas internet. Kamu harus tahu bahwa tidak semua kost menawarkan internet gratis, bila harus bayar, kamu wajib mengetahui iuran bulanannya.

13. Tarif listrik dan penggunaan alat elektronik

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam mencari kost adalah tidak semua kost menggratiskan pemakaian listrik. Ada beberapa kost yang menarik biaya tambahan untuk setiap barang elektronik yang dibawa oleh penghuni kost. Bahkan beberapa kost memasang meteran listrik di setiap kamar untuk menghitung penggunaan listrik. Kamu harus tahu berapa biaya tambahan untuk penggunaan listrik atau tarif listrik per KWh yang ditarik oleh pengelola kost.

14. Parkir motor dan mobil

Bila kamu memiliki kendaraan seperti motor dan mobil, pastikan ada tempat parkir yang memadai untuk motor atau mobil yang kamu miliki. Bila lahan parkir tersedia, coba tanyakan apakah parkirnya gratis atau harus bayar, karena di beberapa kost ada biaya tambahan untuk penggunaan lahan parkir. Pastikan pula keamanan lahan parkir agar motor dan mobil kesayanganmu aman saat diparkir di sana.

Ternyata cukup banyak ya hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam mencari kost. Ini belum semuanya ya, kalau kamu punya kriteria lain, silahkan sampaikan di kolom komentar. Akhir kata, semoga sukses dalam mencari kost idamanmu dan jangan lupa cari kost itu gampang karena ada SewaKost.com.

Add Comment