Cara Menata Kamar Kost yang Sempit

Menata kamar kost memang gampang-gampang susah, apalagi bila kamar kost yang ditempati tergolong sempit. Pada umumnya luas kamar kost hanya beberapa meter persegi, mulai dari 2 x 2 hingga 3 x 3 meter persegi. Dalam menata kamar kost diperlukan kreativitas agar kamar kost yang sempit bisa tampak lebih luas dan nyaman untuk ditempati. Berikut ini tim SewaKost.com bagikan beberapa cara menata kamar kost yang sempit.

1. Menata posisi furnitur

Pada umumnya setiap kamar kost dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, meja belajar dan kursi. Furnitur-furnitur tersebut merupakan barang-barang yang memakan cukup banyak ruang. Hal paling pertama yang harus dilakukan dalam menata kamar kost adalah menata posisi tempat tidur, lemari, meja belajar serta kursi. Sebisa mungkin tempat tidur diletakkan berdampingan dengan meja belajar, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambil barang-barang yang diperlukan saat bangun tidur seperti jam weker, kacamata atau handphone. Agar kamar kost terlihat lebih luas, upayakan agar lemari ditempatkan berseberangan dengan tempat tidur.

menata posisi furnitur

2. Menata posisi peralatan elektronik

Pada umumnya anak kost diizinkan untuk membawa barang-barang elektronik seperti komputer, dispenser dan rice cooker.Walaupun terlihat kecil, barang-barang elektronik tersebut cukup memakan tempat, sehingga penempatannya harus diatur dengan baik. Aturlah posisi barang-barang elektronik sesuai dengan fungsinya. Misalnya printer diletakkan di sebelah komputer, dispenser ditempatkan dekat dengan rice cooker atau microwave. Penataan barang elektronik yang baik akan memberikan kesan kamar kost yang lebih luas dan memudahkan Anda dalam menggunakan peralatan elektronik tersebut.

3. Mengatur isi lemari

Aturlah isi lemari Anda dengan baik. Hindari membawa semua pakaian Anda dari rumah, cukup bawa pakaian yang sering digunakan. Gantunglah pakaian kuliah atau kerja dengan rapih. Berikan rak tersendiri untuk baju, bawahan seperti celana atau rok dan pakaian dalam. Rak paling bawah bisa digunakan untuk menaruh pakaian atau barang-barang yang jarang Anda gunakan, seperti buku kuliah semester lalu atau kardus pembungkus barang elektronik.

mengatur isi lemari

4. Manfaatkan ruang di bawah tempat tidur dan di atas lemari

Ruang di bawah tempat tidur dan di atas lemari merupakan area yang jarang diperhatikan, namun cukup luas untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai. Kedua area ini merupakan tempat yang paling baik untuk menyembunyikan berantakan di kamar Anda. Sebaiknya barang-barang yang akan ditaruh di bawah tempat tidur dan di atas lemari dimasukkan ke dalam kardus, sehingga barang-barang tersebut tidak berdebu dan tidak berantakan. Pilah-pilah barang yang akan dimasukkan ke dalam kardus dan berikan label pada setiap kardus, sehingga Anda akan lebih mudah dalam mencari barang tersebut ketika dibutuhkan.

5. Manfaatkan dinding kamar kost

Dinding kamar kost juga dapat dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang Anda, sehingga kamar kost menjadi lebih rapih. Beberapa jenis televisi dapat dipasang di dinding, selain itu Anda juga dapat memasang floating shelf atau rak melayang untuk menaruh barang-barang Anda. Rak mengambang dapat dimanfaatkan untuk meletakkan koleksi buku, koleksi CD, frame-frame foto, pernak-pernik kecantikan dan perawatan tubuh, gadget dan aneka barang elektronik lain. Namun, sebelum memasang televisi atau floating shelf di dinding kamar kost, Anda harus meminta izin kepada pemilik kost.

cara menata kamar kost yang sempit

6. Rutin membersihkan dan merapihkan kamar kost

Seluas apapun kamar kost yang Anda tempati, tetap akan terlihat sempit bila barang-barang berserakan dan tidak ditata dengan rapih. Oleh karena itu, sering-seringlah membersihkan dan merapihkan kamar kost. Buat jadwal rutin untuk membersihkan kamar kost, misalnya setiap pagi menyapu dan mengepel lantai. Selalu rapihkan meja Anda setelah belajar atau bekerja dan jangan lupa untuk meletakkan pakaian kotor pada keranjang pakaian. Kamar kost yang bersih dan rapih akan membuat nyaman orang yang tinggal di dalamnya.

Itulah sejumlah cara menata kamar kost yang sempit. Semoga bermanfaat dan mampu membuat Anda lebih betah di kamar kost Anda.

One Response

  1. diana 03/10/2015

Add Comment