Tips Mencari Kost untuk Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru memang penuh dengan tantangan, terlebih bila kamu memutuskan untuk meninggalkan kampung halamanmu dan kuliah di kota lain. Ini adalah suatu masa di mana kamu beranjak dari remaja yang bergantung pada orang tua menjadi pemuda dan pemudi yang belajar untuk mandiri. Menjadi anak kuliahan berarti kamu harus bisa mengatur diri kamu sendiri, mulai dari mengatur waktu kuliah hingga mengelola uang saku. Tantangan akan semakin berat bila kamu tinggal di kost, kamu harus bisa bangun sendiri, mengurus makan sendiri, mencuci dan menyetrika pakaianmu sendiri serta beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

mencari kost

Tahukah kamu bahwa kesuksesanmu dalam kuliah di perantauan dimulai dari memilih kost yang tepat, karena salah dalam memilih kost akan membuat kamu malas untuk kuliah. Kost yang terlalu jauh dari kampus, fasilitas kost yang kurang memadai, harga sewa kost yang terlalu mahal, suasana kost yang terlalu berisik, bahkan teman-teman kost yang malas kuliah akan mempengaruhi semangatmu untuk menimba ilmu. Agar kuliahmu sukses, kamu harus bisa memilih kost yang tepat. Berikut ini beberapa tips dalam mencari kost yang tepat untuk mahasiswa baru:

1. Cari lebih awal

Tips utama dalam mencari kost adalah carilah lebih awal dibanding mahasiswa baru lainnya. Kamu harus ingat bahwa jumlah kamar kost yang tersedia sangat terbatas, sedangkan para peminatnya sangat banyak, maka akan lebih baik bila kamu mencari kost jauh-jauh hari sebelum tanggal pendaftaran. Dengan mencari kost lebih awal, pilihan kamar yang tersedia masih banyak. Selain itu, harga yang ditawarkan pun lebih murah karena masih mengikuti harga tahun ajaran yang lama.

Sebisa mungkin hindari mencari kost pada saat pendaftaran, apalagi pada saat menjelang ospek, karena kamu berisiko akan mendapatkan kamar sisa yang sudah tidak diminati oleh mahasiswa baru lainnya. Bisa jadi kamar tersebut tusuk sate, angker, bocor atau kemahalan. Skenario yang paling buruk adalah kamu terancam tidak mendapatkan kamar kost karena semua kamar kost sudah direbut oleh mahasiswa baru lainnya.

2. Kumpulkan informasi tentang kost di sekitar kampus

Sebelum mulai mencari kost, sebaiknya kamu bertanya kepada keluarga dan teman kamu yang tinggal di kota tersebut mengenai lokasi-lokasi kost yang terdapat di sekitar kampus. Tanyakan informasi mendasar seperti di mana saja daerah yang banyak kostnya, berapa harga kost di daerah tersebut dan apakah di daerah tersebut ada tempat makan, minimarket dan tempat nongkrong favoritmu seperti warnet, game center atau tempat fitness.

Selain bertanya kepada keluarga atau teman, kamu juga bisa mencari informasi mengenai kost di sekitar kampus melalui internet. SewaKost.com adalah salah satu website yang dapat kamu gunakan untuk mencari informasi kost. Di SewaKost.com kamu bisa mencari kost berdasarkan area, harga dan fasilitas. Selain itu kamu juga bisa mengintip kost tersebut melalui foto-foto yang dipajang oleh pemilik kost.

3. Cari sendiri, jangan nitip

Percaya deh, kamu harus cari sendiri, jangan sekali-kali nitip ke teman atau keluarga. Karena kalau nitip untuk dicarikan kost, bisa jadi kost tersebut tidak sesuai dengan keinginanmu, kemahalanlah, kamarnya jelek, ibu kostnya galak, selain itu nitip kost juga bisa menimbulkan kecemburuan sosial karena teman yang kamu nitipin bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau kamar kost yang lebih baik dibanding kamu.

4. Cari bareng teman

Kamu punya geng yang mau kuliah di kampus yang sama? Masa kuliah memang paling asyik untuk geng-gengan atau best friend forever. Kalau waktu SMA kamu tidak tinggal bareng dengan teman satu geng kamu, maka saat kuliah kamu bisa tinggal satu kost dengan sahabat sejatimu tersebut. Agar lebih asyik dan mencegah timbulnya kecemburuan sosial (baca poin 3 di atas), sebaiknya kalian nyari kost bareng-bareng, supaya sama-sama enak. Kalian bisa bagi tugas, misalnya kamu dan si anu nyari kost di daerah utara kampus, sedangkan si itu dan si ini nyari kost di daerah selatan kampus. Atau bisa juga si ini menyediakan transport, si itu menyediakan konsumsi dan kamu mengumpulkan data kost yang mau disurvey melalui internet.

5. Cari yang dekat kampus

Tips kelima ini sangat penting dan jangan dilanggar. Kalau kamu belum mengenal daerah sekitar kampus, carilah kost yang berada di dekat kampus, lebih bagus lagi bila di depan kampus. Kenapa? Jawabannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat ospek. Kamu tahu kan kesulitan dan keribetan saat ospek? Harus pergi pagi pulang malam, tugasnya segunung dan pakaiannya seperti badut. Bayangin aja kalau kostmu jauh dari kampus, pertama kamu terancam terlambat dan dihukum, kedua kamu bisa jadi pusat perhatian sepanjang perjalanan, dan yang ketiga nyari bahan untuk tugas ospek lebih susah.

Pada masa awal kuliah, carilah kost yang lokasinya dekat dengan kampus. Setelah kamu menguasai daerah di sekitar kampus, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mencari kost di tempat lain yang agak jauh dari kampus tapi harganya lebih murah dan fasilitasnya lebih oke.

6. Jangan abaikan hal-hal kecil

Dalam mencari kost, pastikan kebutuhan dasarmu terpenuhi. Pastikan kost tersebut menyediakan tempat tidur yang nyaman, kamar mandi yang bersih, dan gampang cari makan serta kebutuhan sehari-hari seperti pulsa dan fotokopi. Perhatikan pula hal-hal lain yang terlihat sepele namun penting. Misalnya sinyal dan internet yang tidak lemot, teman-teman kost yang bersahabat serta bapak atau ibu kost yang ramah. Ada banyak hal-hal lain yang  kelihatannya sepele, namun wajib untuk diperhatikan, silahkan baca di artikel Hal-Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Kost_.

7. Bayar per bulan aja

Biasanya pengelola kost yang baru buka atau kost yang sepi berusaha untuk mengikat anak kost dengan menawarkan diskon untuk pembayaran per semester atau per tahun. Hal ini sebaiknya kamu hindari bila kamu tidak yakin dengan kondisi kost tersebut. Walaupun lebih mahal, pilihlah pembayaran per bulan agar kamu tidak menyesal di belakang, karena kamu tidak cocok atau tidak betah untuk tinggal di kost itu namun uang kamu sudah terlanjur masuk ke kantong pemilik kost.

8. Hindari kost campur atau kost bebas

Kecuali kepepet karena tidak ada kost lain, sebaiknya kamu tidak memilih untuk tinggal di kost campur atau kost bebas. Kost jenis ini adalah kost yang dihuni oleh pria dan wanita. Apabila kamu seorang pria, sebaiknya kamu memilih kost pria dan apabila kamu seorang wanita, sebaiknya kamu memilih kost wanita.

Kost bebas memiliki citra yang kurang baik di mata masyarakat. Bisa kamu bayangkan apa kata orang tua, saudara dan pacarmu ketika tahu kamu tinggal di kost bebas? Mereka pasti akan marah besar! Percaya deh, tinggal di kost bebas itu tidak nyaman. Kamu akan risih melihat berbagai kebebasan yang dilakukan oleh tetangga kostmu.

Itulah beberapa tips dalam mencari kost bagi mahasiswa baru. Semoga kamu sukses mendapatkan kost yang sesuai dengan keinginanmu. Apabila kamu memiliki tips lain dalam mencari kost, silahkan sampaikan di kolom komentar. Selalu ingat, cari kost menjadi lebih mudah karena ada SewaKost.com.

Add Comment