Mengantisipasi Datangnya Musim Hujan di Rumah Kost

PengusahaKost.com – Musim hujan sudah saat ini sudah merata ke setiap provinsi di tanah air. Curah hujan di semua daerah rata-rata sama. Tinggal daya serap tanah dan lancarnya saluran pengairan yang akan mempengaruhi suatu daerah terlanda banjir ataukah tidak.

Mengantisipasi Datangnya Musim Hujan di Rumah Kost

Bagi anda yang saat ini memiliki rumah kost di daerah rawan banjir seperti di Jakarta, patut waspada dan bersiaga. Ditambah lagi, jika kondisi WC yang mampet tentu akan makin memperparah situasi dan anak kost terancam akan pindah kost.

Pada hujan intensitas tinggi, tak ada halangan untuk membasahi tanah dimana lokasi tempat septic tank ada. Akibatnya, sudah bisa ditebak. Pada tanah akan menjadi begitu lembap dan juga tak lagi normal. Otomatis hal ini bisa menyebabkan kondisi di sambungan-sambungan pipa septic tank menjadi agak longgar.

Selain itu, kondisi yang lembap itu bisa juga membuat dinding di septic tank jadi retak-retak. Air secara otomatis akan merembes ke tanah, sampai bisa tercium bau yang tak sedap ke area kamar kost.

Pada masalah yang sampai seperti ini, pada umumnya melanda pada septic tank yang usianya telah mencapai lebih dua tahun lamanya. Eits, tapi jangan salah kira. Anda yang baru saja membangun rumah kost, bisa juga mengalami gangguan pada septic tank, jika memang pada pemasangan awalnya sudah tak benar. Hati – hati jika mengalami hal seperti ini.

Sebagai langkah antisipasi untuk menghindari hal ini, yang pertama adalah anda bisa melakukan upaya pengecekan secara rutin pada pipa, lalu bagian sambungan, dan juga pada dinding septic tank. Kalau anda menemukan memang sudah dalam kondisi rusak, secara terpaksa ya harus merogoh uang untuk bisa mengganti pipanya atau jika tidak memperbaiki area dinding.

Atau yang kedua, jika tak memungkinkan, anda bisa membayar orang untuk turun tangan dan menyelesaikan masalah ini. Sewa sedot tinja saat ini juga sudah tersedia di mana – mana. Anda bisa memanfaatkannya.

Idelanya memang, menjelang datangnya musim hujan, atau pada beberapa bulan yang lalu, ada baiknya sih anda terlebih dahulu mengosongkan septic tank. Tujuannya adalah agar  aliran air hujan yang begitu deras dan banyak itu, tak menjadi masalah jika memenuhi kotak septic tank. Karena, kalau septic tank sedang dalam kondisi penuh, sudah barang tentu akan meluap saat air hujan masuk.

Semoga musim hujan ini tidak menjadi kendala bagi anda para pengusaha kost.

Add Comment