Mengatasi Pintu Rumah Kost yang Memuai atau Menyusut

PengusahaKost.com – Bagi anda yang bergulat sebagai pengusaha kost, pasti tak asing soal pintu rumah. Pada dasarnya, pintu kayu bisa memuai dan juga menyusut. Itu semua tergantung dari situasi cuaca sekitar. Seperti misalnya saat sekarang ini di musim hujan, biasanya kayu akan memuai. Ini karena adanya kandungan air di dalam kayu akan meningkat. Keadaan sebalinya saat musim panas, di mana kayu akan jadi susut.

Mengatasi Pintu Rumah Kost yang Memuai atau Menyusut

Kenapa bisa jadi seperti itu? Ini karena, situasi kadar air yang masih tinggi. Oleh karenanya ketika terkena udara panas, secara otomatis pintu akan bergerak/ mengalami pergerakan. Selain menyusut, pada sambungan kayu juga akan menjadi renggang, kondisi cat retak-retak, dan juga lebih rapuh.

Sementara itu, di kala musim hujan -dengan situasi udara yang begitu basah- pada pintu rumah kost akan mengembang. Bahkan bentuknya bisa seperti bentuk awalnya, dan juga rapat pada kusen. Usai melewati dua hingga tiga musim, maka pada pintu anda dapat normal kembali. Akan tetapi, yang perlu diingat bahwa di setiap perubahan musim nantinya akan terus -menerus terjadi pergeseran pada pintu kost.

Sebenarnya, ada ukuran standar untuk kandungan air di sebuah kayu.  Ini mutlak harus dipenuhi, supaya kondisi muai-susut yang akan terjadi nantinya dalam batas yang masih bisa diterima. Jumlah 12% adalah ukuran umum untuk kandungan air bisa diserap secara optimal dengan kondisi kayu normal atua masih kering.

Pada kondisi pintu kost anda yang menyusut dan memuai, bisa jadi disebabkan oleh proses pengovenan tak sempurna. Untuk mengantisipasi hal ini terjadi lagi, anda bisa menjemur pintu kayu kost dibawah terik matahari sejak pagi sampai dengan siang hari. Usai benar-benar dalam kondisi kering, barulah nantinya pintu akan memiliki ukuran fix yang normal. Jika sudah dalam tahap ini, anda baru bisa menyesuaikan dengan kusennya.

Setelah itu, lakukan pengecatan di bagian atas dan bawah pintu yang masih berpori. Ini penting supaya uap air tak bisa masuk ke kayu bagian dalam. Akan tetapi, jika memang sudah terlanjur, tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan yang sesuai proses tadi.

Well, semoga yang sedikit dari pengusahakost.com ini bisa menambah inspirasi anda dalam membangun rumah kost anda.

One Response

  1. Dian 07/10/2015

Add Comment