Mensiasati Kamar Kost yang Sempit

Mensiasati kamar kost yang sempit perlu dilakukan, supaya tetap terasa nyaman menyenangkan seperti di rumah sendiri. Tinggal berjauhan dari keluarga, tentu membutuhkan suntikan motivasi dari lingkungan sekitar dimana kita berkegiatan. Nah, menciptakan kamar kost yang menarik dan leluasa bisa menyodorkan kesegaran motivasi bagi para pengelana.

kamar kost sempit

Kamar kost berharga murah biasanya dengan luasan sekitar 2×2 m2 atau 3×3 m2. Kamar dengan luasan ini cukup bagi satu orang yang kuliah, sekolah atau bekerja. Bagaimana mensiasati kamar kost yang sempit supaya mengesankan lega dan nyaman?

Pertama, kelola barang-barang. Mulailah memilah barang-barang yang dimiliki berdasarkan seberapa penting dan intensnya digunakan. Jika barang-barang tersebut dibutuhkan cukup sering, maka diprioritaskan untuk ditata secara terbuka, atau mudah diakses. Namun, jika barang-barang tersebut sudah jarang digunakan, sebaiknya disimpan dalam kotak dus dan disusun rapi. Penyimpanan dus dapat diletakkan di bawah dipan kasur. Penyimpanan dalam dus juga akan memudahkan bilamana akan pindah tempat tinggal. Perlu juga melakukan sortasi terhadap barang-barang tak layak pakai, dan yang sudah tak dimanfaatkan. Sortasi ini akan menghemat ruang kamar.

Kedua, pilih perabot sederhana. Sesuaikan perabot dalam kamar dengan luasan kamar. Dipan, kasur, lemari, meja belajar dipilih yang berukuran kecil. Perabot juga perlu dipilih yang sederhana, supaya sesekali ingin mengubah wajah kamar, tak membutuhkan energi besar. Begitupula jika berpindah tempat tinggal.

Ketiga, pewarnaan dinding. Cat kamar memberi kesan akan luas sempitnya ruang. Kita perlu memilih warna-warna cerah untuk mengesankan kamar yang luas. Selain itu, kecerahan warna cat juga mempengaruhi antusiasme yang tinggal di dalamnya.

Keempat, mempercantik kamar. Supaya nuansa kamar tidak monoton atau membosankan, dapat dihias dengan aneka cara. Dinding impian salah satunya, di dinding tersebut dapat kita tuliskan petikan-petikan inspirasi, resolusi tahun ini, juga target-target yang ingin dicapai. Bisa juga ditempelkan gambar yang mewakili visi diri dan impian masa depan. Hiasan lainnya antara lain; foto-foto yang mewakili orang-orang terkasih dan memori-memori menyenangkan. Foto dapat menguatkan motivasi dan semaangat. Supaya menambah kesan artistik, poster-poster dengan desain unik atau wallpaper sticker dengan motif lucu dan warna-warni dapat kita pasang di seantero kamar. Tentu saja dengan tetap mencermati penataan yang rapi dan tak mengesankan ruang menjadi penuh atau gelap.

Kelima, memanfaatkan dinding kosong. Dinding kosong dapat dimanfaatkan untuk meletakkan barang-barang yang kita butuhkan sehari-hari. Rak-rak mengambang atau floating shelf dapat kita susun dengan rapi dan bernuansa atraktif. Rak-rak mengambang tersebut dapat didesain dengan aneka bentuk, terlebih dulu kita bisa mencari referensi di web atau majalah-majalah dekorasi rumah.

Keenam, rajin membersihkan dan merapikan. Kamar yang luas sekalipun, tetapi bila jarang dibersihkan dan barang-barangnya berserakan, akan mengesankan kamar tersebut sempit. Apalagi jika kamarnya sempit, lalu barang-barang di dalamnya berantakan. Maka, semakin nampak sempit. Rajin membersihkan dan meletakkan barang-barang kembali ke tempatnya atau raknya, akan mengesankan kamar tersebut rapi dan nyaman untuk ditinggali. Kamar yang nyaman ditinggali akan mendorong semangat berkarya. Yuk…mulai mensiasati kamar kost yang sempit!

Add Comment