Napak Tilas di Kota Medan

Medan merupakan kota terbesar di Sumatera dan menjadi kota yang terbesar nomor tiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Awalnya kota Medan merupakan sebuah kampung dengan jumlah penduduk sekitar ratusan orang, letaknya yang strategis membuat kampung ini memiliki banyak pendapatan dari sampan-sampan yang mengangkut lada di Medan, Tahun 1900an menjadi tonggak perkembangan kota Medan menjadi lebih maju lagi.

Hal ini karena didorong oleh banyaknya perusahaan-perusahaan perkebunan yang dibuka secara besar-besaran di Medan. Perlahan imigran dari Jawa dan Tionghoa pun masuk menjadi pekerja disektor perkebunan, membuat Medan menjadi sebuah kota yang memiliki kedudukan penting di luar pulau Jawa pada masa kolonial.

Kota Medan adalah sebuah kota yang kompleks, begitupun dengan geliat bisnis di kota ini yang tidak hanya didominasi oleh beberapa bidang tertentu. Perdagangan, jasa, industri, perkebunan semua berjalan sinergi membuat medan menjadi sebuah kota besar yang maju. Bisnis Kota Medan yang menggeliat ditopang oleh posisi strategis di pinggir jalur pelayaran Malaka serta gerbang untuk kawasan Indonesia bagian barat.

Perdagangan ekspor impor menjadi salah satu bisnis penting di kota ini karena letak Medan dekat dengan negara lain seperti Malaysia, Singapura dan beberapa negara Asean lainnya. Untuk mendukung bisnis dan perdagangan Kota Medan di kota ini juga terdapat sebuah pelabuhan Belawan yang merupakan sebuah pelabuhan terbesar di Sumatera.

Sebagai kota utama di pulau Sumatera, kota Medan banyak tersedia berbagai perguruan tinggi dan universitas unggulan yang sering menjadi pilihan berbagai calon mahasiswa dari berbagai daerah. Universitas di kota Medan cukup beragam dari mulai Universitas negeri, universitas swasta maupun perguruan tinggi. Universitas di kota Medan yang pertama adalah Universitas Sumatera Utara (USU), lalu ada, Universitas Negeri Medan (disingkat UNIMED), IAIN Sumatera Utara, Politeknik Negeri Medan dan berbagai universitas terkenal lainnya.

Medan memiliki cukup banyak tujuan wisata, kota ini memiliki banyak peninggalan bangunan masa kolonial yang megah serta memiliki berbagai tempat pariwisata alam yang indah. Tujuan wisata yang pertama di kota Medan adalah Menara Air Tirtanadi yang merupakan sebuah ikon dari kota Medan, lalu kemudian ada juga Istana Maimun dan Masjid Raya Medan.

Istana Maimun

Istana Maimun. Istana yang dibangun pada masa Kesultanan Deli ini merupakan perpaduan antara unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.
Foto oleh Luthfan Desmono

Jika ingin melihat beragam bangunan tua yang indah seperti jaman kolonial dahulu maka di kota Medan juga terdapat daerah kesawan yang ramai dengan berbagai pusat jajanan makan yang ramai di waktu malam hari.

kesawan

Daerah Kesawan terkenal sebagai pusat kuliner di Medan.
Foto oleh ccdoh1

Sebagai kota besar dan memiliki pertumbuhan bisnis dan industri yang bagus, Medan memiliki banyak pilihan tempat kost sesuai dengan daerah dan pilihan. Beberapa kost di Medan memiliki fasilitas yang sangat bagus seperti halnya kost di Ibukota Jakarta, namun untuk pendatang yang memiliki budget terbatas Medan juga memiliki pilihan kost yang terjangkau dengan fasilitas yang cukup memadai.

Add Comment