Paris van Java Itu Ada di Bandung

Kota Bandung merupakan sebuah kota yang menjadi ibukota dari Jawa Barat, sejak jaman dahulu kota Bandung sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan dan wisata yang sejuk. Di kota ini banyak dibangun berbagai tempat dan bangunan unik untuk peristirahatan bangsa Belanda yang berasal dari kota lainnya di Indonesia. Iklim yang sejuk, cuaca yang nyaman dan banyak terdapat bunga serta pohon yang rindang membuat kota ini dijuluki sebagai Paris van Java.

Pada masa-masa awal Indonesia merdeka, kota ini menjadi tuan rumah dari pertemuan bangsa-bangsa yang berasal dari Asia dan Afrika yang dikenal dengan nama konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955. Konferensi ini begitu bersejarah bagi berbagai bangsa di Afrika dan Asia karena berhasil mengangkat semangat kemerdekaan bangsa Asia dan Afrika dari cengkeraman penjajahan bangsa barat.

Pertumbuhan bisnis kota Bandung ditopang oleh industri serta perdagangan dan jasa, kota ini begitu lekat dengan berbagai industri kreatif yang menonjolkan kekhasan daerah Bandung di mata dunia. Salah satu industri yang cukup besar adalah industri sandang dan kebutuhan pakaian, yang menyerap banyak tenaga kerja sekaligus pembeli dari luar negeri.

Salah satu pusat perdagangan sandang yang terkenal di kota Bandung adalah pasar baru yang banyak menyedot animo pembeli bukan hanya dari Indonesia namun juga negara lain seperti Malaysia, Thailand, Brunei dan Singapura. Sementara untuk industri lainnya adalah kuliner, jasa dan perdagangan seperti halnya distro dan Factory outlet yang banyak bertebaran di kota Bandung dan menyedot banyak pembeli dari luar kota saat akhir pekan.

factory outlet bandung

Salah satu factory outlet di Bandung. Julukan Paris van Java disematkan kepada kota Bandung karena maraknya pusat fashion di kota ini.
Foto oleh Ikhlasul Amal

Seperti halnya Yogyakarta, Bandung juga dikenal sebagai kota pelajar yang representatif karena di kota ini sangat banyak ditemukan berbagai perguruan tinggi yang berkualitas, yang pertama tentu saja sebuah institut teknologi terbaik di Indonesia yang bernama Institut Teknologi Bandung. Lalu ada juga tiga kampus negeri yang tak kalah kualitasnya, yakni Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati. Untuk Universitas dan Sekolah tinggi lainnya ada Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Universitas Parahyangan (Unpar), Universitas Kristen Maranatha, Universitas Pasundan (Unpas), Institut Teknologi Telkom, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan beberapa kampus lainnya.

Institut Teknologi Bandung. Kampus ini telah berhasil mencetak ribuan insinyur berkualitas. Foto oleh Ikhlasul Amal

Institut Teknologi Bandung. Kampus ini telah berhasil mencetak ribuan insinyur berkualitas.
Foto oleh Ikhlasul Amal

Bandung merupakan tujuan utama rekreasi dan wisata masyarakat Jakarta saat akhir pekan, di kota Bandung akan banyak ditemukan berbagai tujuan wisata dengan berbagai macam pilihan yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Untuk tempat wisata alam ada Kawah Putih Ciwidey, Kampung gajah serta gunung Tangkuban Parahu. Untuk jenis pariwisata modern ada Trans Studio adalah theme park terbesar di dunia yang memiliki banyak pilihan wahana indoor di dalamnya.

Untuk tempat wisata keluarga ada kebun binatang Bandung yang memiliki cukup banyak koleksi binatang, dan tempat pariwisata yang paling menarik adalah kuliner dan belanja yang salah satunya terletak di jalan Cihampelas, Braga, dan Paris van Java.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey. Tidak perlu ke luar negeri untuk menikmati keindahan alam yang menakjubkan ini . Cukup ke Kawah Putih Ciwidey.
Foto oleh Marzuki Kamal

Tempat kost di Bandung banyak berkonsentrasi di beberapa daerah yang dekat dengan area kampus seperti daerah Jatinangor, Dipati Ukur, Setia budi dan beberapa daerah lainnya. Tempat kost di Bandung memiliki banyak pilihan harga dan fasilitas dari mulai yang sangat modern hingga tempat kost yang cukup sederhana dengan fasilitas yang biasa.

Add Comment