Perpustakaan di Kamar Kost, Mengapa Tidak?

Pernahkah terlintas di benak Anda untuk membuat perpustakaan mini di kamar kost? Jika selama ini Anda lebih suka memanjang lukisan, foto, papan impian, atau wallpaper stiker, maka sekarang cobalah untuk memasang sesuatu yang baru. Memang Anda sebagai pemilik dari kamar kost yang Anda tinggali memilki hak untuk menghias kamar Anda sendiri, namun pernahkah Anda membayangkan untuk memiliki perpustakaan mini didalam kamar kost Anda? Bagi Anda yang suka sekali membaca buku, tentu saja memiliki perpustakaan merupakan impian terbesar selama Anda tinggal di kost. Jika biasanya Anda menemukan perpustakaan yang letaknya jauh dari tempat tinggal kost Anda, mengapa Anda tidak membuat perpustakaan mini didalam kamar kost Anda sendiri? Bagaimana caranya? Memiliki kamar kost yang berukuran kecil pun bukan masalah.

Perpustakaan di Kamar Kost

Sudut ruangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencermati sudut ruangan. Pastikan bahwa Anda tahu sudut ruangan mana yang bisa digunakan untuk membuat perpustakaan mini didalam kamar kost Anda. Pastikan bahwa sudut yang dipilih adalah sudut ruangan yang tidak membuat kamar kost Anda jadi terlihat semakin sempit. Hal ini dilakukan agar kesan nyaman masih bisa didapatkan didalam kamar kost Anda dan Anda pun masih dengan leluasa dan nyaman untuk membaca. Kalau memungkinkan, Anda juga bisa memasang meja baca yang letaknya bersebelahan dengan jendela kamar. Tujuannya adalah ketika Anda membaca di siang hari, ada sinar matahari yang masuk sehingga bisa menghemat penggunaan lampu kamar.

Tata letak perabotan

Anda juga bisa menyesuaikan perpustakaan yang Anda miliki dengan cara mengatur tata letak perabotan yang ada. Kalau memang ruang yang tersedia minim, maka perabotan dari perpustakaan mini Anda cukuplah berisi rak buku yang berukuran kecil, kursi, meja, dan lampu baca. Jika anggaran masih cukup dan ruang yang ada masih luas, Anda bisa memasang kursi yang empuk untuk membaca dan memiliki sandaran kaki sehingga Anda bisa berlama-lama membaca buku pada perpustakaan mini di kamar kost Anda.

Pemilihan warna

Pemilihan warna dinding pada perpustakaan mini Anda juga sangat membantu untuk menciptakan kesan yang nyaman. Usahakanlah untuk memilih warna yang bisa memunculkan kesan yang gembira, ceria, dan juga semangat. Jika Anda ingin membuat perpustakaan mini didalam kamar kost Anda, Anda bisa memadukan warna coklat dan krem yang Anda miliki didalam kamar untuk memiliki perpustakaan mini yang warnanya dipadukan dengan warna putih, orange, dan coklat tua. Paduan warna-warna seperti ini sangat penting karena sangat memengaruhi tampilan visual maupun desain yang apik dan menawan.

Mengundang sahabat, teman, kerabat

Setelah perpustakaan mini Anda jadi, maka rasanya kurang asyik jika Anda menikmatinya sendirian saja. Undanglah sahabat, kerabat, dan teman-teman Anda untuk berkunjung ke perpustakaan Anda. Disana Anda bisa bertukar pikiran, berdiskusi, atau membedah buku. Bagi Anda yang suka membaca, kegiatan-kegiatan seperti ini tentu saja menyenangkan bukan? Akan lebih menarik lagi jika lebih banyak membahas buku non fiksi daripada membahas buku-buku fiksi seperti novel, komik, atau film.

Add Comment