Pontianak, Khatulistiwa Indonesia

Pendahuluan

Pontianak merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi KalBar (Kalimantan Barat). Pontianak sendiri juga merupakan ibu kota dari provinsi tersebut. Kota ini lebih dikenal dengan Kota Khatulistiwa, hal ini dikarenakan Pontianak yang dilalui oleh garis nol derajat atau garis khatulistiwa. Keindahan Kota Pontianak semakin bertambah dengan kehadiran dua sungai yang melalui kota ini yakni Sungai Kapuas serta Sungai Landak. Kedua sungai ini membelah Kota Pontianak.

Tugu Khatulistiwa - Pontianak

Nama Pontianak sendiri diambil dari Bahasa Melayu, dimana nama ini dipercaya memiliki hubungan yang sangat erat dengan kisah dari Syarif Abdurrahman yang kala itu sering mendapat gangguan dari mahluk ghaiib, Kuntilanak. Beliau mendapat gangguan ketika sedang melintasi Sungai Kapuas. Menurut cerita masyarakat asli Pontianak mengatakan jika pada awalnya Syarif Abdurahman secara terpaksa melepaskan tembakan meriam guna mengusir hantu Kuntilanak tersebut.

Beliau juga mengatakan jika akan mendirikan sebuah kesultanan tepat dimana jatuhnya peluru meriam tersebut. Dan kabarnya peluru meriam tersebut jatuh tepat di persimpangan Sungai Kapuas serta Sungai Landak. Dan kini tempat dimana jatuhnya peluru meriam tersebut dikenal dengan nama Kampung Beling.

Bisnis

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan dunia bisnis di Kota Pontianak juga semakin menjanjikan. Pasalnya saat ini disana sudah banyak berdiri beragam jenis industri. Entah itu industri dalam skala rumahan atau bahkan telah menjelma menjadi sebuah perusahaan besar.

Add Comment