Batam, Jalur Penyeberangan Antar Negara

Pendahuluan

Kota Batam merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Kepulauan Riau. Selain itu juga, kota ini menuruti peringkat ketiga dari daftar kota dengan penduduk terbanyak yang ada di wilayah Sumatra setelah Palembang serta Medan. Kota Batam sendiri merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis. Letaknya yang berdekatan dengan dua negara tetangga, Malaysia serta Singapura serta berada tepat di jalur pelayaran internasional membuat kota ini menjadi salah satu kota yang memiliki potensi yang sangat baik kedepannya.

jembatan barelang

Pertumbuhan penduduk di Kota Batam mampu menduduki daftar kota dengan jumlah pertumbuhan penduduk terpesat di Indonesia. Hal ini terbukti dengan pertumbuhan penduduknya yang mencapai 158 kali lipat hanya dalam jangka waktu 40 tahun saja terhitung dari tahun 1970-an.

Menurut sejarah, Kota Batam merupakan tempat dengan sejarah perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam upayanya melawan para penjajah negeri ini. Lokasinya yang berdekatan dengan Singapura membuat kota ini terpilih sebagai salah satu kota Industri. Hal ini tertera dalam sebuah Keputusan Presiden 41 tahun 1973.

Bisnis

Berbicara masalah bisnis di Kota ini, Kota Batam menjadi salah satu kota yang sangat menjanjikan. Bukan hanya karena letaknya yang berdekatan dengan dua negara tetangga, kota ini menjadi pusat industri penggerak dari negara ini. Berbagai macam penggerak ekonomi ada disana, mulai dari sektor listrik, komunikasi, air dan gas, industri dan alih kapal, perbankan, jasa serta perdagangan ada di Kota Batam. Keberadaan berbagai bisnis penggerak roda ekonomi di Batam ini bertujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan serta memberikan kesejahteraan bagi penduduk disana.

Pendidikan

Kemajuan dunia industri di Kota Batam diiringi dengan kemajuan dunia pendidikan disana. Beragam jenis lembaga pendidikan tersedia disana, entah itu lembaga pendidikan swasta maupun lembaga pendidikan negeri. Hal ini bertujuan guna mencerdaskan penduduk Batam. Salah satu lembaga pendidikan yang ada disana ialah LPMI (Lembaga Pendidikan Manajemen Indonesia) Batam. Selain LPMI Batam, disana juga terdapat banyak lembaga pendidikan perguran tinggi yang lainnya, diantaranya UIB (Universitas Indonesia Batam), UPB (Universitas Putera Batam), STMIK Putera Batam, Unrika (Universitas Riau Kepulauan), serta berbagai lembaga pendidikan yang lainnya.

Wisata

Lokasi wisata di Kota Batam ada banyak sekali, mulai dari Jembatan Barelang yang memang menjadi ikon dari Kota Batam, Pantai Nongsa, Pantai Sekilak, Pantai Melur Pulau Galang, dan beberapa lokasi wisata yang lainnya. Berbagai jenis resort standart internasional juga tersedia disana guna memanjakan para wisatawan yang datang ke Kota tersebut. Tak hanya itu saja, Hotel-hotel dengan standart internasional juga sudah ada disana, untuk menunjang hibura pengunjung yang datang baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Kost di Batam

Dengan segala perkembangan dunia industri serta pendidikan yang ada di Kota Batam, sarana dan prasarana untuk tempat berteduh sangatlah penting. Lokasi kost di Kota Batam juga sudah banyak berdiri, mulai dari Pondok Mangga Kost dan Quest House sudah ada disana. Lokasi ini terletak di Kompleks Vihara Cipta Dharma Blok B/24 Batam. Ada juga Karls Kost yang letaknya tepat di daerah Batam Centre. Lokasi kost ini juga berdekatan dengan Shopping Centre, Pelabuhan Ferry, Pusat Industri, serta Bandara. Dan tentunya sangat cocok bagi mereka yang tengah mencari lokasi untuk tempat tinggal.

Leave a Comment