Belanja Ilmu di Kota Hujan Bogor

Bogor merupakan salah satu kota yang terletak dalam wilayah provinsi Jawa Barat, kota ini adalah salah satu kota penyangga ibukota bersama dengan Tangerang, Depok dan Bekasi yang sering disebut dengan Jabodetabek. Kota Bogor sering juga disebut sebagai kota hujan karena memiliki intensitas curah hujan yang tinggi, dengan iklimnya yang cukup sejuk. Kota ini memiliki catatan sejarah yang panjang, sejak lama beberapa kerajaan memiliki kedudukan di daerah ini.

Kerajaan yang pertama adalah Tarumanegara lalu yang kedua adalah kerajaan Sunda atau Padjajaran yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi. Tanggal 3 Juni 1482 yang merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi saat ini dijadikan sebagai hari jadi kota Bogor. Di jaman kolonial kota Bogor yang sejuk juga memikat ketertarikan bangsa penjajah Belanda sehingga seorang Belanda bernama Gubernur Jenderal Gustaaf Willem baron van Imhoff membangun istana Bogor pada tahun 1745 bersamaan dengan jalan Daendels yang menghubungkan Bogor dengan Batavia.

istana bogor
Istana Bogor. Salah satu ciri khasnya adalah adanya rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal.
Foto oleh Malik_Braun

Bisnis di kota Bogor didominasi oleh perdagangan dan jasa beberapa industri juga tumbuh seiring dengan kedudukan kota ini yang dekat dengan ibukota. Perdagangan dan jasa berkembang di kota ini dikarenakan di Bogor banyak kampus dan penelitian yang bagus sehingga mengundang banyak pendatang dari daerah untuk menuntut ilmu. Sementara bisnis usaha kecil juga tidak kalah bergeliat dengan menampilkan jenis usaha kecil hasil khas daerah Bogor.

Di kota Bogor cukup memiliki banyak pilihan tempat pendidikan yang bagus, diantaranya adalah Institut Pertanian Bogor yang merupakan salah satu sekolah tinggi terbaik di Indonesia. Lalu ada juga Universitas Pakuan (UNPAK), Universitas Muhammadiyah Bogor (UMB), Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA), Universitas Djuanda (UNIDA), Universitas Nusa Bangsa (UNB).

institut pertanian bogor
Institut Pertanian Bogor semula merupakan bagian dari Universitas Indonesia. Pada 1 September 1963 IPB memisahkan diri dari UI.
Foto oleh buitenzorger

Kota Bogor cukup banyak memiliki pilihan tempat wisata yang menarik, dari mulai bangunan bersejarah peninggalan Belanda hingga berbagai wisata alam yang indah. Objek wisata yang pertama adalah kebun raya Bogor yang merupakan sebuah kebun raya yang dijadikan tempat penelitian dengan luas sekitar 80 hektare serta sekitar 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

kebun raya bogor
Kebun Raya Bogor. Kebun botani ini memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.
Foto oleh Henk Kosters

Objek wisata yang kedua adalah Istana Bogor yang merupakan salah satu istana presiden republik Indonesia. Untuk wisata kuliner ada Dramaga yang memiliki berbagai macam makanan dari mulai sayuran dan buah-buahan. Sementara untuk wisata alam yang terdapat di sekitar wilayah Bogor adalah Rancamaya, Puncak, Gunung gede dan berbagai tempat wisata lainnya.

Kost di kota Bogor umumnya terdapat di berbagai kawasan yang dekat dengan lokasi kampus seperti Baranang Siang, Dramaga, Sekitar Kampus IPB Gunung Gede, Cilibende, dan serta beberapa daerah lainnya yang dekat dengan kampus. Rate harga yang ditawarkan di kota Bogor lebih rendah dari rate harga kost di ibukota, sementara fasilitas cukup beragam dari mulai yang mewah sampai dengan fasilitas yang cukup sederhana.

Leave a Comment