Berlibur Tahun Baru di di Sungai Nimanga

SewaKost.com – Berlibur Tahun Baru di di Sungai Nimanga. Masih tak beranjak dari Sulawesi Utara, cobalah mengunjungi wisata ini, Sungai Nimanga. Apa yang terpikir oleh Anda jika sebuah wisata itu adalah sungai? Iya, benar. Arum jeram. Bagi para rafter, memilih Sungai Nimanga adalah pilihan yang tepat. Karena, sungai ini menjadi salah satu dari 6 sungai terbaik di Indonesia bagi para rafter untuk menguji adrenalin serta memiliki tingkat kesulitan grade III dengan jeram yang kemiringannya 60 derajat dan berarus deras.

Berlibur Tahun Baru di di Sungai Nimanga

Mencoba arum jeram di sungai ini, tak perlu khawatir selama mengikuti prosedur yang berlaku. Ikutilah briefing sebelum memulai dan ikuti petunjuk pemimpin regu dalam perahu. Selama berarung jeram, akan ada skipper di setiap perahu penumpangnya. Pakailah peralatan yang menjadi standar keamanan seperti helm, pelampung, dan dayung.

Semua sudah siap? Go….! Akan Anda temui begitu banyak batu hitam besar yang menghadang dalam perjalanan.. Dari lintasan sepanjang 9 kilometer dari awal hingga finish, tantangan terberat yaitu saat berada di area jeram Good Bye, sebuah jeram yang tingginya hampir mencapai 4 meter. Selain itu, ada jeram yang spesial seperti Golden Gate (jeram dengan kareakter batu-batu besar) dan Big Stone alias lintasan berbatuan besar.

Arum jeram Timbukar, adalah nama popular dari arum jeram Sungai Nimanga. Sungai ini memiliki lima tingkatan arum jeram dan bisa bertambah menjadi enam, kala hujan turun. Waktu yang diperlukan mulai start di jembatan Sungai Nimanga hingga finish ini membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam.

Saat lelah terasa karena berlama-lama mendayung, beristirahatlah sebentar di pinggir sungai. Nikmati keindahan alamnya, dengarkan kicau burung dan mungkin akan menyenangkan berjumpa dengan Macaca nigar (monyet khas Sulawesi) dan Tarsius. Jika sudah cukup, mari lanjutkan perjalanan hingga berujung di Desa Tangkuney. Yang dibutuhkan dalam perjalanan ini adalah kekompakan tim agar mampu melalui semua jeram. Karena kalau tidak kompak, resiko menabrak batu dan perahu terbalik itu mungkin terjadi.

Selamat menyambut tahun baru ya.

Leave a Comment