Cara Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost

SewaKost.com – Cara Jaga Kesehatan Bagi Anak Kost. Menjadi anak kost adalah fase awal untuk mandiri dan jauh dari pantauan orang tua. Dampaknya secara langsung adalah sebagian besar anak kost kurang memperhatikan kesehatan dirinya sendiri.

Cara Jaga Kesehatan Bagi Anak Kost

Tak ayal hal ini membuat mereka menjadi lebih mudah lesu dan sering sakit-sakitan. Pada umumnya anak kost kurang perhatian dalam menjaga kesehatan dan kebersihan kamar kost-nya, terlebih para laki-laki. Pada umumnya para wanita lebih mampu menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Oleh karena itu anak kost sebaiknya siap untuk mandiri dan siap dalam menjaga kesehatan dirinya tanpa pantauan langsung dari keluarga.

Nah, berikut ini sejumlah tips bagi anak kost dalam menjaga kesehatannya :

Mengatur pola makan dengan baik
Yang pertama dan utama adalah soal pola makan. Ini adalah alasan utama mengapa seorang anak kost menjadi suka malas-malasan dan kurang teratur untuk soal jam makan. Alasan lain mengapa telat makan adalah lantaran asyik dalam bermain game, ketimbang menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Maka jangan heran jika mereka mudah sekali terkena penyakit lambung seperti maag. Padahal maag adalah pintu pertama bagi datangnya penyakit liver jika tak ditangani dengan serius. Implikasi terparah bila terus dibiarkan adalah kematian. Tentu hal ini tentu bukan hal yang diinginkan oleh kita semua. Jangan sampai hanya gara-gara nge-game bisa masuk rumah sakit. Oleh karenanya, mengatur pola makan adalah kunci utama yang musti dijadikan kebiasaan dalam memulai hidup sehat.

Mengurangi aktivitas sehari-hari yang terlampau banyak
Aktivitas sehari-hari yang begitu padat, bisa juga menjadi penghalang anak kost ataupun mahasiswa dalam menjaga kesehatannya. Awalnya sih kurang istirahat dan sering begadang. Lama-lama ada beberapa penyakit yang datang tanpa disadari. Makanya perlu untuk menyeimbangkan antara kegiatan sehari-hari dengan intensitas istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup
Di mana-mana, anak kost ataupun mahasiswa memiliki jadwal kegiatan yang cenderung tidak teratur. Itu juga berdampak pada istirahat yang juga tak teratur. Sekali waktu bangun kesiangan karena tidurnya terlalu larut. Di waktu lain tidur seharian tidak melakukan apapun. Aneh ya? Yang pernah nge-kost pasti paham soal ini. Untuk itulah penting bagi anak kost mengetahui tanda dari tubuh bila sedang ingin beristirahat. Sediakan waktu yang cukup supaya tubuh juga bisa refresh kembali.

Bila perlu, konsumsi juga suplemen atau vitamin
Ini sekedar saran saja, tak perlu dijadikan wajib. Karena dengan keseimbangan gizi, maka kondisi tubuh dapat terjaga dan jauh dari penyakit. Obat yang disediakan adalah obat untuk penyakit ringan yang kadang datang mendadak seperti sakit maag, pusing, demam dan juga diare. Itu semua adalah “penyakit pasaran” yang jadi langganan anak kost atau mahasiswa.

Segera ke dokter jika kondisinya sudah gawat
Apabila Anda mengalami sakit yang parah atau sakit yang tak kunjung sembuh, maka pergi ke dokter adalah hal wajib dan harus segera dilakukan. Berkorban uang sedikit tak masalah asalkan kesehatan bisa kembali pulih. Yang terpenting adalah teruslah berusaha untuk mandiri, hidup bersih, dan selalu menjaga kesehatan.

Di sewakost.com kami memastikan lingkungan tempat kost anda dalam kondisi yang nyaman, bersih dan sehat untuk ditinggali. Buktikan saja dan kami akan melayani anda dengan sepenuh hati.

1 thought on “Cara Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost”

Leave a Comment