Jika Berada di Lingkungan yang Panas, Rumah Kost Bisa Dipasangi Turbine Ventilator

Pengusahakost.com – Soal desain rumah kost yang baik, sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya. Salah satu kriterianya adalah rumah kost dengan desain yang nyaman, perabotan lengkap dan sebisa mungkin mirip dengan situasi rumah seperti aslinya. Tiga hal itulah yang berpotensi menjadikan penghuni kost akan nyaman saat menempati rumah kost kita.

Jika Berada di Lingkungan yang Panas, Rumah Kost Bisa Dipasangi Turbine Ventilator

Berbeda halnya ketika rumah kost dalam kondisi yang gerah dan juga lembap, rasa tidak betah akan menyelimuti para penghuni kost anda. Penyebab panas harus diketahui terlebih dahulu agar bisa diketahui solusinya. Bisa jadi, hal tersebut disebabkan oleh panas yang terjebak pada area rongga atap.

Apalagi saat memasuki musim-musim kemarau, suhu panas yang terjebak di plafon bisa mencapai suhu hingga 60ºC. Kondisi panas ini pada akhirnya akan diradiasikan secara perlahan ke bawah alias seluruh ruangan, sehingga wajar akan menyebabkan seisi rumah menjadi gerah.

Uap – uap yang terkumpul terus-menerus di plafon, akan menjadikan kondensasi dan ini jelas akan menyebabkan efektivitas dari aktivitas insulasi berkurang. Biasanya, jamur pada area dinding dan juga plafon akan tumbuh subur.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satu solusinya adalah dengan memasang turbine ventilator. Apa itu turbine ventilator? Seperti namanya, pada ventilator ini punya desain yang seperti turbin, memiliki sirip-sirip yang fungsinya memang untuk menangkap angin.

Pada angin yang berhembus, awalnya akan ditangkap oleh sirip, lalu dialirkan ke bagian dalam ruangan. Kemudian, udara yang tadinya terjebak di dalam plafon atap seketika bisa keluar dari area rongga atap. Oleh karenanya, di sekitar atap sirkulasi udaranya akan menjadi lebih optimal dan juga rumah anda bisa bernafas secara lebih leluasa, baik itu di musim kemarau ataupun ketika di musim hujan.

Alat turbine ventilator ini sebenarnya sama sekali tak menggunakan listrik dan juga bisa berputar otomatis dikareanakan adanya embusan angin. Pada alat ini, bisa juga berputar terus-menerus disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara pada area dalam dan juga luar ruangan. Yang mana secara alamiahnya, udara panas yang berada di dalam ruangan secara otomatis akan mengalir, lalu menekan keluar lewat sirip-sirip turbin.

Cara kerjanya simple bukan? Dan dalam pemasangannya, tak membutuhkan biaya yang sangat mahal. Anda bisa mencoba memasang di rumah kost apabila memungkinkan, seperti kondisi lingkungan adalah daerah industri yang panas.

Simak terus pengusahakost.com untuk mendapatkan informasi seputar bisnis kost.

Leave a Comment