Kondisi Bisnis Hunian Hotel di Area Jakarta Saat Ini

PengusahaKost.com – Kondisi Bisnis Hunian Hotel di Area Jakarta Saat Ini.Kali ini, hari jumat (31/10/2014), kita akan membahas perihal tingkat hunian jenis hotel di Jakarta. Perlu kita bahas karena nantinya akan berhubungan dengan lini bisnis hunian kost. Perbedaannya hanya pada konsumen yang dibidik. Jika pengusaha property hotel membidik konsumen dengan waktu menginap pendek, adalah sebaliknya pada pengusaha kost. Selain memang bagi anda yang berada di area Jabotabek, pergesekan dengan pengusaha hotel tentu akan terasa.

Kondisi Bisnis Hunian Hotel di Area Jakarta Saat Ini

Di Jakarta saat ini, biarpun masih ada banyak problem di sana-sini terkait macet, banjir dan harga yang mahal di sana-sini, tingkat hunian jenis hotel bintang 3 dan 4 masih menjanjikan di sepanjang 2014 ini.

Kategori yang menjanjikan tersebut, angka yang sebenarnya adalah menurun jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Dampak lebih lanjut mengenai ini adalah makin meningkatnya tingkat hunian berjenis hotel bintang 5 di Jakarta. Menarik bukan?

Adanya pasokan baru hunian hotel kategori ekonomi ataupun mewah di kawasan Jakarta ini, terus meningkat lantaran makin bertambahnya aktivitas bertajuk bisnis dan juga MICE (kepanjangan dari Meeting, Incentives, Conference, and Exhibition).

Tentu, dengan pasokan yang terus meningkat ini, Jakarta akan terus menjadi surganya “titik pertemuan kepentingan bisnis”. Untuk saat ini saja, jumlah hotel kategori bintang 3, 4, dan 5 di kawasan Jakarta sekitar 29.000 kamar sampai dengan akhir 2014 ini. Kesemuanya itu terdiri dari hotel bintang sebanyak 27%, jenis hotel bintang 4, sebanyak 3, 37% dan hotel bintang 5 sebanyak 36%.

“Sejak tahun 2013, adanya penurunan tingkat hunian tetap sebenarnya mulai terasa di Jakarta. Korelasinya adalah pada saat pasokan hotel untuk bintang 3 dan 4 sedang booming-nya,” ujar Arief Rahardjo, yang merupakan Head of Research Cushman & Wakefield saat ditemui di Jakarta.

Pada dua dekade terakhir, memang hunian berjenis hotel untuk pertama kalinya turun di tahun 2009. Krisis keuangan global yang awalnya melanda USA, begitu terasa hingga ke Jakarta. Namun pada 2012, kembali menunjukkan peningkatan yang berarti.

Di tahun 2013, kategori hotel berbintang 3 dan 4 lagi-lagi mengalami penurunan di angka 69% dan 71%. Sampai dengan semester I-2014, prosentase tingkat hunian ini turun lagi di angka 62% dan 69%.

Sedangkan untuk hunian hotel bintang 5 dan juga jenis luxury dari yang awalnya di posisi 61% saat 2013, kini masing-masing naik meyakinkan menjadi 64% dan juga 62%. “Untuk hunian hotel bintang 5, mengalami tren meningkat. Pun untuk luxury,” tutup Arief.

Nah, itu dia gambaran tingkat hunian hotel di Jakarta. Bisa menjadi wawasan bagi kamu dalam memetakan situasi jika ingin memulai bisnis sebagai pengusaha kost.

Bagi anda yang saat ini sedang mencari kost yang relevan sesuai budjet, bisa hubungi kami di sewakost.comJenis kost apapun yang anda inginkan, kami ada.

Leave a Comment