Kuliner Semarang Memang Luar Biasa

Kota Semarang adalah ibukota dari Jawa Tengah, kota ini memiliki kedudukan yang strategis karena berada di tengah pantura Pulau Jawa yang padat. Jika dikelompokkan dalam kota besar, Semarang merupakan kota terbesar keempat di pulau Jawa dan nomor lima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Kota ini terbentuk dari sebuah pelabuhan yang bernama Pragota yang saat ini dikenal dengan nama Bergota.

Di depan pelabuhan Pragota terdapat gugusan pulau kecil yang mengalami pengendapan dan perlahan menjadi daratan itulah kawasan kota bawah yang selama ini kita kenal di Semarang. Kota ini memang berada di bagian bawah sehingga sering terjadi banjir akibat dari naiknya air laut/rob.

Seperti halnya kota besar lainnya di Indonesia kota Semarang juga sibuk dengan berbagai kegiatan bisnis, geliat bisnis kota Semarang ditopang oleh jalur lalu lintas utama pantura Jawa serta sebuah pelabuhan yang dikenal dengan Tanjung Emas. Selain itu industri dan perdagangan juga menjadi segmen industri dan bisnis utama kota ini salah satunya dengan adanya sebuah pasar Johar yang sudah berdiri sejak jaman dahulu.

Dalam mendukung perluasan area bisnis, kota ini ditopang oleh kawasan industri metropolitan yang diberi nama Kedungsapur yang terdiri dari daerah Kendal, Demak, Ungaran (kabupaten Semarang), Salatiga dan Purwodadi.

Di kota Semarang kita dapat menemukan berbagai tempat pendidikan yang berkualitas dan menjadi salah satu tujuan utama mahasiswa dari berbagai penjuru negeri untuk menuntut ilmu. Sekolah tinggi dan Universitas yang terdapat di kota Semarang tersebut diantaranya adalah Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan IAIN Walisongo. Sementara untuk kampus swasta ada Universitas Sultan Agung (UNISSULA), Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA).

universitas diponegoro
Gedung Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
Foto oleh Semur Kadal

Kota Semarang memiliki berbagai tujuan tempat wisata yang menarik dari mulai wisata alam, religi, sejarah, hiburan keluarga dan kuliner. Untuk tempat wisata yang pertama adalah kawasan simpang lima, kawasan ini merupakan landmark kota Semarang yang berupa sebuah lapangan yang menjadi persimpangan lima jalan di kota Semarang. Lalu tempat wisata lainnya adalah Lawang Sewu yang merupakan sebuah bangunan tua bekas peninggalan Belanda yang berdiri megah.

simpang lima semarang
Suasana Simpang Lima pada malam hari.
Foto oleh Alex Santosa

Banyak orang yang mengaitkan lawang sewu dengan cerita mistis namun dilain sisi kita tidak bisa menapikan bahwa lawang sewu memiliki sebuah bangunan berarsitektur unik peninggalan masa kolonial yang sangat indah untuk dinikmati. Untuk jenis wisata alam ada pantai marina, pantai maron dan pantai tirang, Wisata di kota Semarang belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khas kota ini, kuliner khas dari kota Semarang adalah Lumpia, Wingko Babat, Tahu Pong, dan Bandeng Presto.

Untuk memenuhi permintaan tempat tinggal di kota Semarang baik yang memiliki kepentingan untuk bekerja dan menuntut ilmu, di kota ini cukup banyak ditemukan berbagai macam tempat kost yang menyebar di berbagai bagian kota Semarang seperti kost daerah Semarang kota, kost di wilayah Semarang tengah, Kost di wilayah Semarang barat dan timur. Selain itu didekat pusat keramaian dan pendidikan seperti Undip juga banyak tersedia tempat kost yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Comment