Menyusuri Jejak Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Catatan sejarah telah menunjukkan bahwa kemakmuran telah melingkupi Palembang sejak kota ini masih menjadi ibukota kerajaan bahari terbesar di Asia Tenggara, yakni Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-9. Bahkan, sebagai kota tertua di Indonesia, kala itu Palembang di kenal di dunia barat dengan sebutan Venice of the East (“Venesia dari Timur”). Kini Palembang yang menjadi ibu kota provinsi Sumatera Selatan, merupakan kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Medan. Kota dengan luas wilayah 358,55 km² ini, dihuni sekitar 1,7 juta orang.

kost palembang

Palembang dinilai memiliki letak yang cukup strategis karena menjadi penghubung antar daerah di Pulau Sumatera lewat jalan Lintas Sumatera. Selain itu sarana transportasi dan perdagangan antar wilayah di Palembang juga dilakukan lewat jalur sungai dengan memanfaatkan sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Seperti halnya kota-kota besar yang lain, Palembang juga kaya akan tempat-tempat pariwisata. Beberapa tempat pariwisata yang cukup terkenal di kota Palembang adalah Jembatan Ampera yang melintang di atas sungai Musi, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, Air mancur di Kambang Iwak, Benteng Kuto Besak, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Taman Purbakala Bukit Siguntang, Museum Negeri Balaputradewa, serta masih banyak lagi tempat pariwisata lainnya.

Untuk urat nadi perekonomian kota Palembang, selain masih mengandalkan Sungai Musi yang membelah Kota Palembang sebagai sarana untuk menggerakkan roda perniagaan, juga lewat sektor industri yang bergerak di berbagai bidang. Diantara sektor industri yang memiliki peran dominant dalam mendongkrak peningkatan perekonomian kota Palembang adalah: pabrik pupuk Sriwijaya (PUSRI), kilang minyak Pertamina, Pusat Kerajinan Songket, dan beragam industri lainnya.

Palembang juga memiliki cukup banyak perguruan tinggi, beberapa diantaranya bahkan cukup memiliki nama di tanah air, seperti Universitas Sriwijaya, Sekolah Jurnalisme Indonesia yang merupakan sekolah jurnalisme internasional pertama di Indonesia yang berada di bawah naungan UNESCO, Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Kesehatan Palembang, Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang, serta puluhan perguruan tinggi yang lain.

Kost di Palembang

Mencari tempat kos di kota Palembang bukanlah sesuatu yang sulit, utamanya di daerah kawasan industri dan di daerah seputar kampus perguruan tinggi. Di daerah Bukit Besar dan kawasan Inderalaya, Ogan Ilir, misalnya, rumah kost dengan harga yang terjangkau bisa dengan mudah ditemui, karena kawasan ini dekat dengan Universitas Sriwijaya.

Rumah kost dengan harga yang murah juga dapat ditemui di kawasan industru, meski tidak sebanyak di kawasan kampus. Sedang untuk tempat kost yang eksklusif dengan fasilitas yang mewah bisa didapati di daerah-daerah yang dekat dengan tempat-tempat pariwisata. Sudah barang tentu harga sewa untuk rumah kost yang eksklusif ini juga cukup menguras isi kantong.

Leave a Comment