Tinggal Tunjuk Kost di Kota Pelajar Yogyakarta

Yogyakarta adalah sebuah kota yang menjadi ibukota dari provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Provinsi ini terbilang unik karena merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman ke dalam wilayah Negara RI yang tertuang dalam Piagam kedudukan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII yang diberikan oleh presiden pertama RI Soekarno pada tahun 19 Agustus 1945.

Kota ini memiliki kedudukan penting dalam perjuangan kemerdekaan republik Indonesia, pada tanggal 4 Januari 1946 hingga tanggal 27 Desember 1949, kota Yogyakarta bahkan dijadikan ibukota Negara republik Indonesia untuk menyelamatkan negara dan memindahkan sementara pemerintahan yang sedang genting oleh rongrongan bangsa asing yang berniat kembali menjajah Indonesia.

Bisnis kota Yogyakarta ditopang oleh bisnis perdagangan dan jasa, kedudukan kota Yogyakarta sebagai tempat pariwisata terbaik di Indonesia setelah Bali mendatangkan banyak wisatawan baik dalam dan luar negeri ke kota ini. Selain itu banyaknya kampus dan universitas ternama di kota ini membuat Yogyakarta didatangi puluhan ribu mahasiswa luar daerah yang tinggal di kota Yogyakarta sehingga menggerakan perekonomian kota Yogyakarta dalam hal bisnis perdagangan dan jasa. Selain itu bidang jasa, bisnis lainnya di kota ini adalah kerajinan, perdagangan dan komoditi khas daerah kota Yogyakarta yang diminati banyak masyarakat luar daerah seperti batik dan produk lainnya.

batik yogyakarta
Batik Yogya memiliki kekhasan tersendiri yang membedakannya dengan batik dari daerah lain.
Foto oleh Brian Yap (葉)

Kota Yogyakarta merupakan kota pelajar utama di Indonesia, di kota ini banyak ditemukan berbagai kampus berkualitas baik seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), UIN Sunan Kalijaga (UIN), Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Sanata Dharma (USD), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Untuk sekolah tinggi ada STIE YKPN, STMIK AMIKOM Yogyakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS Yogyakarta), Institut Sains & Teknologi AKPRIND dan beberapa universitas lainnya.

universitas gadjah mada
Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta sangat kaya dengan perguruan tinggi. Salah satunya adalah Universitas Gadjah Mada.
Foto oleh Eric Beerkens

Kota Yogyakarta merupakan kota wisata utama di Indonesia setelah pulau Bali, di kota ini banyak terdapat tujuan wisata menarik baik dari mulai wisata budaya dan sejarah, hiburan maupun alam. Untuk tempat wisata budaya dan sejarah ada Keraton Yogyakarta, Tugu, Monumen Yogya Kembali, Borobudur yang terletak di wilayah Magelang, Prambanan yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Klaten.

Sementara untuk tempat wisata hiburan dan pendidikan ada Malioboro, kebun binatang Yogyakarta, Taman Pintar, Taman Sari. Untuk objek wisata alam ada Kaliurang, Gunung Merapi, Kinahrejo sementara untuk objek wisata pantai ada Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Parangkusumo, Pantai Sundak, Pantai Glagah dan masih banyak pantai lainnya.

becak dan dokar
Becak dan dokar menjadi sarana transportasi alternatif bagi Anda yang malas berjalan kaki.
Foto oleh Antony Pranata

Sebagai tempat kota pelajar dan pariwisata, Yogyakarta memiliki banyak tempat kost dan peristirahatan yang tersebar hampir di semua bagian kota Yogyakarta. Kawasan Bulak Sumur, Karang Malang, Gejayan, Babarsari, Seturan, Condongcatur adalah kawasan utama tempat kost di Yogyakarta karena di kawasan tersebut banyak berdiri berbagai kampus terkenal. Sementara untuk kawasan kota ada daerah Malioboro, Sosrowijayan, dan beberapa tempat lainnya yang menyediakan tempat kost murah.

Leave a Comment