Kampung Wisata Baru di Kota Bogor

Sewakost.com – Anda tinggal dekat dengan Situ Gede, Kota Bogor? Jika iya, ini ada kabar gembira. Warga di sana tengah menyambut positif rencana menjadikannya sebaga kampung wisata. Ini sesuai dengan program RTBL (yakni Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan) yang akan dikerjakan oleh Kementerian PU. Waktu peluncurannya adalah di tahun 2015-2016.

Kampung Wisata Baru di Kota Bogor

Danau ataupun yang disebut Situ Gede, memiliki luas mencapai 4,8 hektar. Potensi sebesar itu jika tak digarap serius, maka jangan berharap akan ada objek wisata menarik. Ditambah adanya Panorama dari hutan Cifor, suasana asri yang tenang dan juga asri ada sekian dari potensi wisata yang seharusnya sudah mulai dimanfaatkan.

Di area Situ Gede,  saat ini memang hanya Situ Gede dan Cifor yang kondang. Akan tetapi, sebenarnya ada aset wisata lain yang tak kalah apik untuk dikunjungi. Misalnya saja rumah dari kayu, penangkaran rusa, sumur tujuh, dan juga makam dari Mbah Jayanti. Hamparan sawah dengan metode organik seluas 5 hektar, tak kalah apiknya dijadikan sebagai objek wisata.

Wali Kota Bogor yakni Bima Arya, ketika memberikan sambutan pada ekpose RTBL di kawasan Situ Gede dan juga Cifor yang bertempat di Aula Bappeda milik Kota Bogor, menyatakan bahwa program RTBL Situ dan juga Cifor musti mengakomodir semua keinginan yang berasal dari masyarakat di sekitar Situ Gede.

Hal ini dibenarkan oleh Lorina Dramastuti dari  Bappeda Kota Bogor, yang menyatakan bahwa di kawasan Situ Gede dan juga Cifor saat pelaksanaan program RTBL nantinya akan melibatkan warga sekitar sebagai bagian dari pengelola.

Di kawasan Situ Gede tersebut nantinya akan dibagi ke dalam beberapa sub – sub zona. Dimulai dari sub zona untuk perumahan dengan kepadatan rendah, lalu sub zona untuk penelitian, kemudian sub zona untuk sepandan situ, ditambah juga sub zona pertanian, dan terakhir adalah sub zona untuk sempandan sungai.

Rencananya nanti, di area Situ Gede tersebut dibangun konsep tentang kampung wisata ekologis. Di dalamnya akan ramai berisi berbagai wisata air, wisata pertanian, dan juga wisata kampung budaya.

Wah menarik ya. Bagi anda yang domisili di sekitar Bogor, siap-siap menyambut datangnya objek wisata baru.

Simak terus informasi liburan di sewakost.com.

Add Comment