Jalan-jalan ke Mamasa Sulsel

SewaKost.com – Jalan-jalan ke Mamasa Sulsel. Jalan-jalan ke Sulsel, anda bisa juga mampir ke Kota Mamasa. Sebuah kota kecil ini adalah wilayah hutan, pegunungan dan sungai. Semuanya masih di dalam ikatan adat dari Toraja. Namun beda dengan Toraja pada umumnya.

Jalan-jalan ke Mamasa SulselAnda yang gemar hiking, trekking, rafting, dan mountain-biking di sini surganya. Jalan hancur di sana-sini tepat untuk bisa menikmatinya.

Perjalanan ke sana yang paling berat adalah saat usai dari Polewali lalu menuju ke Mamasa. Perjalanan sepanjang 90 km tersebut terasa begitu berat dan lambat lantaran hancurnya kondisi jalan.

Selain itu, selama rute perjalan Polewali ke Mamasa jarang sekali dijumpai rumah-rumah penduduk lokal. Aapalagi warung dan pom bensin. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu mengisi secara penuh bahan bakar kendaraan di Polewali.

Selain dikenal sebagai wilayah yang masih perawan alamnya, di Mamasa juga dikenal sebagai pusat dari kekuatan mistik yang paling besar di etnis Toraja. Pun bagi orang Toraja sendiri telah mengakui, bahwasanya kekuatan mistik di Mamasa ini mereka segani hingga kini karena dianggap yangn terhebat diantara semua khasanah ilmu gaib pada orang Tator.

Seluruh orang-orang di sana fasih menceritakan mengenai kondangnya orang Mamasa ini. Salah satunya adalah ilmu tentang membangkitkan mayat, lalu disuruhnya untuk berjalan sendiri.

Ceritanya adalah pada ratusan tahun yang lampau, banyak dari orang Mamasa yang merantau guna memotong gunung dan juga hutan. Nah, di masa perantauan tersebut, bisa saja di antara mereka ada yang mendadak meninggal dunia. Dikarenakan kondisi alamnya begitu berat dalam melewati track hutan dan gunung, dibuatlah upacara untuk membangkitkan teman mereka yang telah menjadi mayat tersebut. Maka jadilah si mayat itu mampu berjalan secara sendiri untuk pulang ke rumahnya. Berjalan untuk melewati hutan dan juga jurang selama berhari-hari

Sampai di kampung halaman, biasanya pada mayat itu akan disambut dengan mengadakan upacara khusus. Usai upacara, si mayat akan didudukkan di rumahnya sampai dengan beberapa hari, sebelum nantinya dikuburkan.

Agak mengerikan memang. Namun bagi anda yang menyukai tantangan, bisa menjajal ke sana untuk menguji adrenalin.

Leave a Comment