Jika Terlanjur Akan Membangun Rumah Kost Saat BBM Naik, Pertimbangkan Hal Ini

PengusahaKost.com – Jika Terlanjur Akan Membangun Rumah Kost Saat BBM Naik, Pertimbangkan Hal Ini. Semenjak hari Selasa (18/11) kemarin, secara resmi Pemerintah telah mengumumkan kebijakan mengenai kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) yang berjenis premium. Yang sebelumnya berharga Rp 6.500, saat ini menjadi Rp 8.500. Juga untuk BBM jenis solar yang awalnya seharga Rp 5.500 saat ini menjadi Rp 7.500.

Jika Terlanjur Akan Membangun Rumah Kost Saat BBM Naik, Pertimbangkan Hal Ini

Adanya kenaikan pada harga BBM ini, secara otomatis akan mendongkrak ongkos di sektor transportasi atau pengangkutan. Oleh karenanya, harga di bahan kebutuhan lainnya akan juga ikut naik.

Nah, di titik ini kita sebagai pengusaha kost harus jeli dalam melihat masalah dan membuat pertimbangan untuk keputusan yang akan diambil. Karena nantinya, untuk sektor properti imbas kenaikan BBM secara langsung adalah akan naiknya harga upah tenaga kerja dan material bangunan. Kenaikan pada harga dan upah itu saja akan begitu terasa saat anda akan membangun ataupun merenovasi rumah.

Jika untuk upah pekerja bangunan, barangkali anda bisa bernegosiasi secara langsung dengan pemborong atau juga tukangnya secara langsung. Apalagi jika anda sudah lama berlangganan jasanya. Namun pada umumnya, sesaat usai BBM naik, para pemborong dan pemilik jasa lainnya telah menentukan harga terbaru yang resmi bagi mereka.

Sementara itu untuk bahan bangunan/ material, sudah dapat dipastikan akan naik dengan kisaran harga yang beragam di setiap itemnya. Material seperti pasir, semen, dan juga besi umumnya akan ikut naik sesaat menyusul adanya kebijakan kenaikan BBM.

Anda tak perlu khawatir, untuk menyiasati hal ini anda bisa membeli beragam material itu saat ini juga. Namunn jika belum akan mengerjakannya di waktu yang terdekat, bisa juga anda menitipkannya pada toko material yang telah lama menjadi langganan anda. Untuk toko material yang berjenis bonafide dan juga terpercaya, tak menolak jika saja menerima pembelian yang seperti ini dari anda yang merupakan pengusaha kost.

Di sektor konsumen atau penyewa kost, adanya kenaikan BBM juga akan disadari oleh mereka bahwa harga sewa kost juga akan naik. Mengenai ini, anda harus mempertimbangkan tingginya harga yang sesuai dengan harga keekonomian, supaya anda tak ditinggalkan secara mendadak oleh anak kost jika terlalu tinggi dalam menaikkan harga.

Leave a Comment