9 Kriteria Pilih Kost yang Tepat dan Nyaman

SewaKost.com – Masih soal mencari kost, anda tak perlu galau. Biarpun sebenarnya dalam mencari kost itu, gampang-gampang susah memang. Di artikel ini sewakost.com akan berbagi sedikit perihal tips dalam memilih tempat kost, agar makin nyaman tinggal di sana.

9 Kriteria Pilih Kost yang Tepat dan Nyaman
1. KEBERSIHAN
Kebersihan adalah faktor pertama yang perlu kamu perhatikan dalam memilih kost. Kebersihan meliputi setiap kamar, kamar mandi, atap, jendela, dsb. Bahkan tempat sampah pun wajib ada.

2. LISTRIK
Cari tahu juga soal daya total sebuah rumah kost yang akan kamu tempati. Misalkan rumah kost kamu berdaya 900 watt, sementara ada 5 kamar berarti per kamar dapat jatah 180 watt. Ini cukup untuk kamu membawa laptop dan tivi.

3. SITUASI SEKITAR AMAN
Langkah awal mengetahui hal ini, kamu bisa menanyakan pada penghuni kost yang lama. Selain memang kamu juga memastikan sendiri tingkat keamanan kostmu.

4. BERAPA UKURAN KAMAR
Ukuran yang ideal bagi sebuah kamar kost adalah 3 x 3 m. Jika lebih kecil, bisa dipastikan kamu tidak nyaman bergerak, belum lagi jika ada kawan kuliah/ kantor hendak main, bawaannya tidak tega untuk main lagi.

5. FASILITAS YANG DISEDIAKAN
Apa yang ditawarkan oleh pemilik kost soal fasilitas, perlu menjadi pertimbanganmu. Misalkan selain kamar, apakah disediakan juga lemari baju, meja belajar, lampu kamar, kasur, atau kosongan tanpa isi apapun? Juga pastikan ruang kumpul dengan tetangga kamar apakah comfortable alias nyaman?

6. BAGAIMANA SIRKULASI UDARANYA
Bagi kamu yang memang akan lama tinggal di kost, misal untuk kuliah atau kerja, pastikan kamarmu dalam situasi sehat. Salah satunya adalah soal sirkulasi udaranya. Usahakan jendela langsung menghadap keluar agar, perputaran udara lancar.

7. BAGAIMANA DENGAN BIAYANYA
Pilihlah kost yang sesuai dengan seleramu, ramah dalam pelayanan dan tidak terlalu mahal bagi kantong. Memang, rumus “ada harga ada rupa” adalah benar adanya. Jika mahal harganya, biasanya fasilitas juga memadai.

8. JARAK
Dengan situasi serba sulit dimana BBM habis saja naik, maka soal jarak ke kampus/ kantor musti juga diperhatikan agar bisa menekan pengeluaran dalam hal transportasi.

9. TEMPAT YANG STRATEGIS
Strategis di sini maksudnya adalah kost yang dekat dengan fasilitas meliputi laundry, foto copy, warung makan, warnet, wartel (jika masih musim), ritel atau toko kelontong, taman, dsb. Ini penting agar kamu tidak mudah home sick saat di kost.
Nah, dari kesembilan hal di atas semoga bisa membantu kamu dalam memilih kost. Di sewakost.com, kamu bisa memilih tempat kost sesuai pilihanmu di mana saja di Indonesia.

Leave a Comment