Pulau Cantik, Beras Basah

SewaKost.com – Anda yang menyukai traveling pasti sudah mengetahui bahwa di Kalimantan Timur terdapat banyak tempat wisata yang patut dikunjungi. Dan Pulau Beras Basah adalah salah satu tujuan wisata yang menarik. Pulau kecil ini terletak di sebelah selatan Kota Bontang, sebuah kota yang penduduk aslinya adalah orang Kutai dan sebagian besar penduduknya dari Jawa dan Sulawesi. Kenapa disebut pulau kecil? Karena pulau ini memiliki luas kurang lebih sebesar setengah dari lapangan bola saja.

 

Pulau cantik, Beras Basah

Untuk menikmati indahnya pemandangan Pulau Beras Basah, kita bisa menggunakan banyak jalur. Tapi yang pasti, ujung rute menuju Pulau Beras hanya satu, jalur laut. Untuk menuju pulau Beras, perlu menempuh jarak sekitar 7 kilmoeter dari Kota Bontang, Kalimantan Timur. Kalau kita berawal dari Balikpapan, pakai bus jurusan Balikpapan-Bontang. Kalau dari Samarinda, pakai bus dengan jurusan Samarinda-Balikpapan.  Untuk bisa menjejakkan kaki di Pulau Beras Basah, perlu menyewa  kapal nelayan yang harganya sekitar 400-500 ribu rupiah. Perjalanan laut tersebut memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Sepanjang perjalanan laut, mata kita akan dibuat terpesona dengan keindahan alam, mulai dari laut yang jernih, ikan-ikan yang beraneka ragam dan pulau kecil lainnya. Dari jauh, sebelum sampai disana, terlihat menara putih khas Pulau Beras Basah. Bentuk menaranya mirip mercusuar berbentuk kerucut. Bangunan tersebut konon sudah lama ada disana, namun tidak diketahui sejak kapan mulai ada dan siapa yang membangunnya.

Tiba disana, diri kita akan lupa akan perjuangan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menuju kesana. Pemandangan yang begitu indah akan melupakan segalanya. Pulai ini memiliki pasir yang berwana putih. Saat kita berjalan di tepi pantai, maka akan ditemui bintang laut, atau beberapa bulu babi. Jika Anda hobi snorkeling, akan rugi sepertinya jika tidak mencoba untuk mengintip indahnya pemandangan bawah laut. Terakhir, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan. Perlu bawa persiapan air besih karena disana harganya mahal, 50.000 untuk satu jligren.