Belajar dan Berwisata di Desa Wisata Bobung

Sewakost.com – Belajar dan Berwisata di Desa Wisata Bobung. Berwisata murah dan penuh dengan poin plus-plus? Mungkin Anda membutuhkan wisata ke Desa Wisata Bobung. Apakah terdengar asing? Desa ini terkenal dengan batik kayunya di Jogja. Wisata murah ini terletak di kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. tepatnya ada di desa Putat.

Belajar dan Berwisata di Desa Wisata BobungDesa wisata ini mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin. Dari hampir 154 KK, hampir seluruhnya adalah pengrajin topeng dan handycraft. Jika inigin menuju desa wisata ini, hanya membutuhkan perjalanan 10 km menuju arah barat kota Wonosari atau sekitar 30 km arah timur kota Yogyakarta. Dekat dengan wisata Api Nglanggeran. Yang memudahkan pengunjung menuju kesana adalah akses mudah, karena tidak jauh dari jalan utama dan jalannya mulus.

Desa wisata ini merupakan tempat wisata yang nyaman dengan banyak fasilitas, diantaranya:  kamar mandi, parkir yang luas, fasilitas outbond, dan ruang pertemuan. Nah, ini yang menjadi nilai lebih: belajar topeng kayu di home visit. Wisata ini juga menyajikan pertunjukan tari topeng panji yang konon, dulu diciptakan Sunan Kalihaga sebagai media dakwah. Selain itu, wisata ini juga menyediakan gallery yang membuat betah pengunjungnya dengan karya-karya pengrajin mulai dari topeng, maupun handycraft lain yang bernilai seni tinggi. Namun ternyata dengan meningkatnya pengunjung, belum mampu mendongkrak penjualan hasil karya penduduk disana.

Pengrajin disana menggunakan kayu yang berbeda-beda untuk tiap hasil karya, seperti sengon dan kayu pule. Kayu sengon digunakan untuk hiasan seperti gantungan kunci, patung dan wayang golek, sedangakn kayu pule digunakan untuk topeng karena pori-porinya yang halus dan padat. Tantangan dalam usaha kreatif ini adalah karena kayu perlu didatangkan dari luar Kabupaten.

Simak terus jelajah asyik di saat liburan seperti sekarang ini di sewakost.com. 

Leave a Comment