Tangerang Si Kota Satelit

Kota Tangerang yang terdiri atas 13 kecamatan merupakan kota terbesar di Provinsi Banten, yang juga merupakan kota terbesar ketiga di kawasan perkotaan Jabodetabek setelah Jakarta. Kota Tangerang merupakan pusat industri dan manufaktur di pulau Jawa yang memiliki lebih dari 1000 pabrik penopang industri ibukota.

kost tangerang

Sebagai kota Satelit dari Jakarta, perluasan perusahaan nasional maupun perusahaan internasional. urban juga dialami kota Tangerang, sehingga peningkatan pembangunan di segala bidang terjadi begitu cepat, lengkap dengan berbagai sarana-prasarana yang mengiringinya, seperti fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas sosial, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Kota yang menjadi tempat berdirinya Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini juga memiliki sejumlah Perguruan Tinggi yang dikembangkan oleh pihak swasta, seperti: Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, Universitas Muhammadiyah Tangerang Cikokol, Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Universitas Multimedia Nusantara Serpong, Universitas Pramita Indonesia, dan beberapa perguruan tinggi yang lain.

Meski kota Tangerang merupakan pintu gerbang Indonesia karena adanya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, namun tidak mampu mendongkrak sektor pariwisata, karena hampir 100% para pendatang dari Negara-negara lain hanya numpang lewat di Tangerang. Itu sebabnya sektor pariwisata di kota Tangerang tidak memberikan kontribusi yang berarti baik bagi penambahan pendapatan asli daerah maupun bagi penduduknya. Sektor pariwisata yang sedikit bisa berjalan di kota Tangerang hanya wisata belanja serta wisata kuliner yang terletak di pusat kota Tangerang. Di pasar lama ini dijual aneka jajanan pasar yang setiap sore ramai didatangi para pengunjung.

Kost di Tangerang

Untuk mencari tempat kost di Tangerang boleh dibilang gampang-gampang susah, karena. Jarang sekali tempat kost yang memasang iklan baik di media cetak maupun internet. Tapi hal ini tidak berlaku untuk daerah-daerah di seputar kawasan industri. Karena di daerah seputar kawasan industri, di hampir setiap gang selalu saja ada rumah-rumah yang disewakan untuk tempat kost.

Harga sewa kamar untuk tempat kost di daerah kawasan industri cukup beragam, mulai dari yang jutaan rupiah setiap bulannya, sampai dengan yang ratusan ribu rupiah. Bahkan masih ada tempat kost yang mematok harga sewa hanya Rp.250.000 setiap bulannya. Tapi namanya kost murah, fasilitas yang disediakan pun sederhana.

Untuk tempat kost yang termahal di kota Tangerang, yang rata-rata mematok sewa di atas Rp.1,5 juta adalah di kompleks perumahan Lippo Karawaci. Sedang untuk daerah-daerah lainnya yang juga banyak menyediakan tempat kost dengan kisaran harga sewa kamar perbulan antara Rp.500.000 – Rp. 1.500.000, diantaranya adalah di daerah Cimone, termasuk di Perumahan Cimone Mas Permai, di Tanah Tinggi atau seputar JL. Agus Salim, di wilayah Mampang, di Pondok Jaya yang kerap menjadi langganan banjir, serta masih banyak lagi daerah-daerah yang lain, kalau kita mau berputar-putar mengelilingi kota Tangerang.

Leave a Comment