Palembang, Tersohor di Aspek Sosial Ekonomi

Pendahuluan

Palembang merupakan sebuah kota yang terletak di Pulau Sumatera, kota ini menempati posisi kedua sebagai kota terbesar di pulau Sumatera setelah kota Medan. Perpaduan berbagai budaya, sejarah dan kultur masyarakat Palembang membuat kota ini memiliki banyak julukan seperti kota Pempek, yang merujuk kepada makanan khas daerah tersebut. Kota Bumi Sriwijaya yang merujuk pada kerajaan Sriwijaya di jaman dahulu yang berdiri di daerah ini dan merupakan salah satu kerajaan terbesar yang pernah berdiri di Indonesia.

Ampera Bridge

Perkembangan kota Palembang tidak terlepas dari banyaknya kerajaan dan interaksi dengan bangsa asing Baik bangsa Asia maupun Eropa. Kota ini pertama kali muncul sebagai kesultanan pada tahun 1659 dengan Sri Susuhunan Abdurraman sebagai raja pertamanya, lalu pada tahun 1823 pihak kolonial dalam hal ini Belanda membagi Palembang menjadi dua keresidenan besar serta membagi pemukiman Palembang menjadi dua bagian yakni daerah Ilir dan Ulu.

Bisnis

Perkembangan bisnis di kota Palembang cukup menggeliat dan terus menampakan kemajuan, geliat bisnis di Kota Palembang di tunjang oleh banyaknya industri kreatif rumah tangga, industri ini meliputi produksi berbagai olahan makanan khas kota Palembang yang sudah termasyhur ke berbagai pelosok negeri.
Sehingga memancing banyak orang untuk berbelanja atupun berbisnis dengan menjual berbagai produk kota Palembang langsung dari daerah asalnya. Lini bisnis lainnya yang tidak kalah menarik adalah pariwisata, hal ini karena ditunjang oleh banyaknya tempat pariwisata Indah di kota Palembang.

Pendidikan

Sebagai sebuah kota nomor dua terbesar di Pulau Sumatera wajar jika akhirnya Palembang memiliki cukup banyak pilihan perguruan tinggi untuk dipilih warga serta masyarakat dari daerah lain. Beberapa perguruan tinggi yang ada di kota Palembang tersebut seperti Universitas Sriwijaya atau UNSRI yang merupakan salah satu universitas negeri pilihan di Indonesia, lalu ada Politeknik Negeri Sriwijaya, IAIN Raden Fatah Sekolah Jurnalisme Indonesia, Universitas Palembang, Universitas Muhamadiyah Palembang dan lain sebagainya.

Wisata

Tempat Wisata di kota Palembang sangatlah banyak karena di topang oleh kondisi alam yang indah serta peniggalan sejarah yang kaya. Beberapa tempat tujuan wisata di Kota Palembang tersebut seperti Sungai Musi, Mesjid Sultan Mahmud Badarudin, Benteng Kuto Besak, Jembatan Ampera dan objek wisata menarik lainnya.

Kost di Palembang

Sebagai sebuah kota yang menarik banyak wisatawan dan menggerakan bisnis kreatif kota Palembang juga banyak menarik banyak pendatang untuk tnggal di kota ini baik untuk bekerja, bisnis maupun belajar sehingga mendorong munculnya berbagai pilihan kost di kota Palembang. Kost Di kota Palembang umumnya berada di Inderalaya, Bukit Besar, Palembang kota, serta berbagai daerah lainnya yang menjadi tempat hunian favorit untuk warga pendatang yang bekerja dan belajar di kota Ini, rate harganya hampir sama dengan kota di Sumateralainnya dengan fasilitas yang beragam.

Leave a Comment