Bekasi, Raksasa Industri Indonesia

Pendahuluan

Bekasi merupakan sebuah wilayah di Jawa Barat yang menjadi gerbang masuknya berbagai kendaraan menuju Ibukota dari arah timur, semua kendaraan yang melewati pantura atau tol Purwakarta dan Cikampek sebagian besar akan melewati wilayah Bekasi. Letaknya yang strategis serta menjadi salah satu kota penyangga ibukota inilah yang membuat Bekasi menjelma menjadi suatu kota Industri utama di Indonesia.
Bekasi di jaman dahulu merupakan sebuah ibukota dari kerajaan Tarumanegara, di jaman tersebut kota ini dikenal dengan nama Dayeuh Subdasembawa atau Jayagiri. Di tempat bernama Jayagiri inilah pendiri kerajaan Sunda yakni Maharaja Tarusbawa menurunkan raja-raja Sunda generasi berikutnya hingga ke generasi yang ke-40 bernama Ratu Ragumulya yang merupakan penguasa pajajaran yang terakhir.

Bekasi

Bisnis

Bisnis di kota Bekasi terus berkembang dan menggeliat yang membuatnya menjadi salah satu kota raksasa Industri di Indonesia. Ribuan pabrik dengan skala besar berdiri di wilayah ini sehingga menyedot banyak tenaga kerja dari berbagai daerah untuk datang ke kota ini. Berbagai pabrik besar juga banyak yang membuka pabriknya di wilayah.
Selain industri yang menopang bisnis utama di kota ini. Perdagangan dan hunian juga menjadi bisnis yang menggeliat di kota ini, hal ini karena status Bekasi sebagai penopang ibukota Jakarta sehingga perdagangan dan pemukiman di kota ini menjadi penopang atas aktifitas perdagangan dan hunian di ibukota yang mulai sesak.

Pendidikan

Daerah Bekasi bukanlah sebuah daerah yang menjadi tujuan utama pendidikan di Indonesia khususnya Jawa Barat, hal ini karena status Bekasi sebagai kota yang di kembangkan untuk industri dan megapolitan sehingga di Bekasi tidak banyak memiliki universitas atau perguruan tinggi, namun walau begitu di Bekasi juga ada beberapa universitas dan perguruan tinggi yang baik seperti Universitas Islam “45” (UNISMA), Universitas Islam Assyafi`iyah (UIA), Universitas Presiden (UNPRES) atau President University, Universitas Muhammadiyah Bekasi dan Perguruan tinggi lainnya.

Wisata

Bekasi memiliki cukup banyak pilihan wisata yang menunjang wisata rekseasi warganya yang sibuk dengan rutinitas perdagangan dan industri. Beberapa tempat wisata di Bekasi tersebut seperti Taman Buaya Cikarang yang merupakan tempat penangkaran Buaya terbesar di Asia, lalu ada Pantai Muara Betting dan Muara Gembong, Waterboom, Vihara Dharma Jaya, Gedung Juang 45 dan tentu saja wisata belnja di berbagai mall besar yang terdapat di kota ini seperti Mal Metropolitan, Summarecon Mal Bekasi, Grand Metropolitan Mall dan lain sebagainya.

Tempat kost Bekasi

Tempat kost di Bekasi umumnya di dominasi untuk pengguna yang bekerja di kota ini, kedudukan Bekasi sebagai kota Industri membuat banyak didirikannya berbagai kost dengan berbagai pilihan fasilitas dan fungsi. Rate harga yang ditawarkan antara Rp. 300ribu sampai dengan beberapa juta perbulannya. Sesuai dengan strategisnya tempat dengan pusat keramaian/pusat pekerjaan Bekasi serat fasilitas penunjangnya.

Leave a Comment