Mahalnya Kost di Kota Minyak Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota yang terdapat di Kalimantan Timur, perkembangan kota ini tidak dapat dilepaskan oleh banyaknya sumber daya minyak yang melimpah sehingga membantu perkembangan kota menjadi sebuah kota yang modern dan memiliki biaya hidup yang tinggi. Di jaman dahulu wilayah ini merupakan bagian dari kerajaan Kutai, kemudian saat Belanda masih menduduki Indonesia, pihak Belanda menemukan banyak kandungan minyak di wilayah ini.

Pada tanggal 10 Februari 1897 kemudian dilakukan pengeboran minyak pertama di Balikpapan yang dilakukan oleh perusahaan Mathilda yang merupakan kelanjutan dari kerjasama yang dilakukan J.H. Menten dengan Mr. Adams yang merupakan perwakilan dari Firma Samuel dan Co. Sejak saat itu kemudian kota Balikpapan semakin berkembang sehingga tanggal 10 Februari dijadikan hari jadi kota Balikpapan.

Bisnis kota Balikpapan tidak bisa dilepaskan dari eksploitasi minyak di kota ini, sehingga memicu bisnis perdagangan dan jasa yang melayani berbagai kebutuhan dan permintaan masyarakat kota Balikpapan yang bekerja dalam bidang industri gas dan minyak. Dalam hal perdagangan ada kebijakan menarik yang ditetapkan pemerintah daerah Balikpapan dalam melindungi pengusaha asli lokal. Kebijakan tersebut berupa pengetatan aturan pembukaan toko modern yang berasal dari luar kota serta mengatur jarak jam operasional toko modern agar masyarakat lokal yang berbisnis kecil bisa bersaing.

Dalam hal pendidikan kota Balikpapan juga memiliki beberapa universitas dan sekolah tinggi yang biasa dijadikan pilihan masyarakat Balikpapan dan Kalimantan. Universitas tersebut adalah Universitas Balikpapan, Politeknik Negeri Balikpapan, STT Migas, STIE Madani Balikpapan, STMIK Balikpapan, Akademi Sekretaris dan Manajemen Indonesia, Institut Teknologi Kalimantan dan beberapa pilihan tempat pendidikan lainnya.

Untuk mengimbangi kesibukan masyarakat Balikpapan, di sekitar kota ini juga banyak ditemukan berbagai pilihan wisata yang cukup menarik. Pilihan tempat wisata tersebut seperti Pantai Manggar Segarasari yang merupakan sebuah pantai indah dengan berbagai fasilitas rekreasi seperti speed boat, banana boat, snorkeling dan beberapa pilihan lainnya. Jembatan Ulin Kariangau yang merupakan sebuah jembatan ulin terpanjang dengan panjang 800 m serta lebar 2 m,

Objek wisata lainnya adalah Taman Agrowisata, Hutan Lindung Sungai Wain, Wana Wisata Km 10, Panorama Dermaga Penyeberangan Somber, Penangkaran Buaya, Monumen Jepang, Monumen Perjuangan Rakyat, Taman Bekapai, Pantai Melawai, Pantai Polda, Pantai Strans (Pantai Banua Patra), Kampung Atas Air (Kampung Baru), Museum Tanjungpura.

Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari, rujukan wisata bahari bagi warga Balikpapan dan sekitarnya.
Foto oleh Arief Rahman Saan

Sebagai sebuah kota yang memiliki daya tarik dalam hal bisnis dan pendapatan, Balikpapan banyak menyita minat penduduk dari berbagai daerah untuk bekerja dan mengais rejeki di kota yang dikenal sebagai yang terkaya di Indonesia ini. Sehingga pilihan tempat tinggal atau kost pun cukup menjamur dan tersedia di berbagai bagian kota. Namun untuk harga seperti halnya biaya hidup yang lain biaya kost di Balikpapan tergolong mahal, tetapi mahalnya biaya hidup di imbangi juga dengan standar gaji dan pendapatan yang sangat besar.

Add Comment