Berwisata ke Sindang Barang, Kampung Budaya di Bogor

SewaKost.com – Berwisata ke Sindang Barang, Kampung Budaya di Bogor. Setiap tempat, pada dasarnya, punya budaya sendiri yang turun-temurun sejak lama. Begitupun dengan adanya kompleks wisata budaya yang berada di Sunda Bogor ini. Masyarakat mengenalnya dengan Kampung Budaya Sindangbarang (atau disingkat KBS). Bagi mereka yang sedang dilanda bosan terhadap hiruk-pikuk dan macetnya Jakarta, bisa sesekali mencoba suasana lain dengan berlibur ke KBS.

Berwisata ke Sindang Barang, Kampung Budaya di Bogor

Di sana, kamu bisa tinggal di area dalam rumah yang gayanya arsitektur tradisional Sunda. Dengan lokasi yang berada di Gunung Salak bagian lereng timur, yakni tepatnya berada di desa Pasir Eurih, Tamansari, Kab. Bogor menjadikan tempat ini makin layak dikunjungi.

Luas lahannya mencapai 8.600 meter persegi, dimana ada sebanyak 28 bangunan yang berada di kompleks KBS. Pada bangunan-bangunan tersebut, penghuni dan pengguna tetapnya adalah pupuhu (atau kepala adat), pembantu ahli pupuhu (panggiwa), dan juga para tokoh adat (kokolot).

Bagi anda yang akan berlibur dan menginap di sana, tentu bisa berinteraksi secara aktif dan aktif dengan penduduk setempat. Mereka juga memberlakukan uang sewa dari setiap rumah-rumah itu, dengan pengelolaan ada pada komunitas sekedar untuk memelihara lingkungan mereka supaya tetap asri dan seperti sedia kala.

Sampai dengan saat ini, tercatat total ada 78 lokasi yang berada di situs sejarah asli Pakuan Sindangbarang pada desa tersebut. Pada situs-situs tersebut, meliputi Taman Sri Bagenda, mata air Jalatunda, bukit kecil berundak, punden Majusi, punden Leuweung Karamat, punden Surawisesa, menhir, batu tapak dan juga dolmen.

Semua situs-situs itu sampai dengan saat ini masih berada di tengah-tengah perkampungan milik penduduk,  lahan dan persawahan yang terus dikeramatkan. Kemungkinan pun, ada beberapa situs yang rusak dan hilang.

Pemeliharaan tradisi adat seperti ini, adalah daya tarik wisata bagi para wisatawan. Baik itu domestik, maupun mancanegara. Melihat peluang itu, saat ini beberapa seremoni rutin digelar. Seperti misalnya adalah Seren Taun yang di 2014 ini saja sudah digelar sebanyak empat kali.

Simak terus tujuan wisata unik tanah air dan mancanegara bersama dengan sewakost.com untuk menambah wawasan dan pengalaman kita soal tempat berlibur. Good luck ya.

Leave a Comment