Yuk Surfing di Pantai Teleng Ria Pacitan

SewaKost.com – Sobat sewakost.com, kali ini kita akan berpetualang ke tempat kelahiran mantan Presiden RI, yakni Pacitan. Ya, kali ini kita akan ke Jawa Timur. Tepatnya berada di Pantai Teleng Ria.

Yuk Surfing di Pantai Teleng Ria Pacitan

Keberadaan pantai Teleng Ria ini layaknya sebuah teluk. Mengapa demikian? Ini karena posisinya yang menjorok ke darat. Di samping kanan – kirinya pantainya, diapit manis oleh adanya dua dataran tinggi. Pada dua dataran tinggi tersebut, masih satu bagian dengan pegunungan kapur Selatan. Yakni membujur sejak dari Gunung Kidul menuju ke arah Trenggalek. Tak heran jika suasana udaranya sangatlah sejuk lantaran apitan dua pegunungan tadi.

Masuk kategori dari pantai selatan, tak menjadikan ombak di Pantai Teleng Ria ini besar seperti yang lain. Ombaknya saat ini relatif kecil, cocok bagi anda pecinta olahraga surfing pemula. Di bulan Juni – Agustus, di pantai Teleng Ria ini biasanya menjadi tempat untuk migrasi kelompok hewan laut seperti ubur-ubur.

Saat ini, demi makin mempercantik wilayah tersebut, pada beberapa fasilitas akan dilakukan pemugaran. Beberapa fasilitas juga akan ditambah pada sekitar Pantai Teleng Ria itu. Seperti misalnya keberadaan plaza anak yang khusus untuk bermain, plaza seni dan juga plaza kuliner. Masyarakat di sekitar Pacitan akan diajak serta dalam membangun dan mengembangkan kawasan pantai ini supaya ada rasa kebermilikan. Khususnya pada masyarakat yang tinggal di area Pantai Teleng Ria.

Di pantai ini, sebenarnya sudah dilirik oleh para turis asing untuk melakukan kegiatan surfing. Belum begitu ramai seperti misalnya di kawasan pantai Pulau Bali, dsb.

Mengapa turis asing sudah duluan tertarik datang ke sana? Itu karena daya tarik pantainya yang relatif dalam suasanan masih sepi. Apalagi jika melihat beberapa kelengkapan alam dan juga fasilitas yang nantinya akan dibangun, menjadikan Pantai Teleng Ria ini makin siap menjadi sebuah destinasi baru pariwisata pantai.

Lokasinya yang berada di kawasan Kabupaten Pacitan, hanya berjarak 3 Km dari area pusat kota. 10 menit saja untuk mencapai Pantai Teleng Ria ini jika anda berjalan dari Alun-alun wilayah kota. Jika anda ingin melakukan perjalan dari Yogyakarta, cuma butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan. Untuk akses jalan darat di antara dua wilayah tersebut, sangat baik dan mulus.

Selamat berjalan – jalan.

Leave a Comment